Berawal dari Gerobak, Tiga Pemuda Ini Sukses Mengembangkan Usaha Ayam Crisbar hingga Punya 17 Gerai

Kompas.com - 09/11/2022, 07:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi tampaknya telah menjadi bumbu wajib yang harus dimiliki para pengusaha kuliner untuk menjaga eksistensi usahanya.

Kesuksesan tiga anak muda lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mendirikan bisnis Ayam Crisbar adalah salah satu contohnya.

Berbekal inovasi dan pemanfaatan platform teknologi seperti ShopeeFood, Teddy Hamonangan, Hafizh Ihsanuddin, dan Filbert sukses mengembangkan usaha gerobakan yang mereka bangun sejak masih kuliah di 2017, hingga memiliki 17 gerai di Jawa Barat.

Sejak awal berdiri, usaha kuliner olahan ayam ini sukses menarik perhatian warga Bandung, khususnya para mahasiswa yang adalah target pasar utama mereka.

Baca juga: Cerita Ermaneli Buka Usaha Rendang Hingga Berhasil Ekspor ke Jepang dan AS

Founder Ayam Crisbar Teddy Hamonangan menceritakan popularitas Ayam Crisbar dikenal lewat ayam crispy bakarnya yang ikonik dengan saus rahasia dan harga yang ramah untuk kantong mahasiswa.

Tak heran jika dalam setahun, usaha yang didirikan dengan modal awal sebesar Rp 10 juta ini mampu berkembang pesat, hingga membuka 7 cabang baru di daerah Bandung.

“Masa pandemi adalah tantangan terberat bagi kami karena adanya larangan dine-in dan kebijakan kuliah daring. Situasi itu membuat penjualan Ayam Crisbar sangat menurun. Sejak saat itu, kami jadi fokus pada penjualan online dan layanan ShopeeFood inilah yang sangat membantu kami," ujar Teddy Hamonangan dalam siaran pers Shopee Food, dikutip pada Rabu (9/11/2022).

Teddy menuturkan, penjualan online-nya pun semakin meningkat hingga mereka bertiga berani membuka satu cabang khusus yang hanya melayani pemesanan online.

Selain itu, usaha ayamnya juga berhasil ekspansi sampai keluar area Bandung, seperti Sumedang, Bekasi, dan Depok.

Teddy juga membagikan strategi bisnis untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan ketidakpastian situasi ekonomi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.