Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan B20 di Bali, Imigrasi Minta Kadin Koordinasi Para Delegasi Gunakan Fasilitas E-VoA

Kompas.com - 09/11/2022, 12:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Teknis (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana meminta perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali untuk berkolaborasi memudahkan proses kedatangan anggota The Business 20 (B20).

Hal itu disampaikan Widodo dalam rapat koordinasi teknis terkait persiapan penyelenggaraan B20 dengan tim teknis B20 di Bandara Ngurah Rai Bali pada Selasa (8/11/2020).

Widodo berkomitmen memberikan kenyamanan dan kemudahan dengan fasilitas keimigrasian seperti electronic Visa on Arrival (e-VoA) dan layanan keimigrasian lainnya untuk delegasi B20.

"Kadin atau penanggung jawab dari pihak penyelenggara B20 dapat mengoordinasikan jumlah dan nama-nama delegasi di setiap penerbangan menuju Bali kepada Imigrasi Ngurah Rai. Dengan begitu, pihak Imigrasi Ngurah Rai dapat mengupayakan penerbitan QR Code saat anggota B20 masih dalam perjalanan," kata Widodo dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Elon Musk hingga Daniel Zhang Bakal Kumpul di Bali, Hadiri B20 Summit 2022

Widodo mengatakan, melalui pemberian fasilitas ini, imigrasi memastikan kepada para pebisnis global akan memberikan dukungan dan pelayanan keimigrasian yang terbaik.

Ia juga mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan B20 untuk menghadapi tantangan ekonomi dunia yang sedang menghadapi guncangan resesi.

"Imigrasi sangat menaruh harapan besar bahwa penyelenggaraan B20 ini dapat menghasilkan rekomendasi dan langkah-langkah strategis untuk pembangunan ekonomi global," ujarnya.

Baca juga: Elon Musk Akan Jadi Pembicara di B20 Summit Indonesia 2022, Bahas Apa?

 


Untuk diketahui, beberapa prioritas B20 adalah rekomendasi kebijakan pada reformasi sistem keuangan, perdagangan, investasi, infrastruktur, ketenagakerjaan, dan anti-korupsi.

Adapun setelah rapat koordinasi, Plt Dirjen Imigrasi dan Kadin melakukan simulasi layanan keimigrasian bagi delegasi B20 dari alur kedatangan hingga layanan pemeriksaan keimigrasian di TPI Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: B20 Indonesia Dorong Pemberdayaan UMKM yang Berkelanjutan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+