Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Elnusa Meroket 674 Persen, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 09/11/2022, 14:33 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Tbk (ELSA) mencatatkan kinerja keuangan yang positif hingga kuartal III-2022. Ini terefleksikan dari laba bersih perusahaan yang naik signifikan.

Anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi itu membukukan laba bersih sebesar Rp 291 miliar hingga akhir September 2022. Realisasi ini meroket 674 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp 37,5 miliar.

“Hingga kuartal III tahun 2022 ini, Elnusa mampu mempertahankan kinerja positif, hal ini tentunya diiringi dengan kembali bergeliatnya Elnusa di hampir seluruh segmen jasa,” tutur Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja, dalam keterangannya, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Bukalapak Raup Laba Bersih Rp 3,6 Triliun Kuartal III-2022

Laba bersih yang melesat itu tidak terlepas dari pendapatan konsolidasian perusahaan yang tumbuh sebesar 50 persen secara yoy menjadi Rp 8,57 triliun, dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 5,71 triliun.

Adapun laba operasi perusahaan tercatat sebesar Rp 382 miliar atau tumbuh sebesar 111 persen secara yoy. Ini diikuti dengan EBITDA yang mengalami kenaikan sebesar 28 persen menjadi Rp 878 miliar dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp 684 miliar.

Bachtiar mengungkapkan, pencapaian kinerja itu merupakan hasil dari kinerja operasional perusahaan yang cukup solid dan tetap fokus pada strategi diversifikasi portofolio. Secara konsolidasi, komposisi kontribusi pada jasa distribusi & logistik energi 59 persen, jasa hulu 33 persen, dan jasa penunjang 8 persen.

Pada segmen jasa distribusi & logistik energi, terjadi peningkatan kinerja pada unit jasa transportasi BBM dan manajemen depo. Kemudian, pada segmen jasa hulu migas, meningkatnya aktivitas jasa produksi migas cukup menopang pendapatan usaha perseroan.

“Lonjakan pendapatan usaha dan laba bersih Elnusa saat ini juga beriringan dengan kenaikan harga saham ELSA yang sempat menyentuh angka Rp 394 pada penutupan 4 November 2022,” ujar Bachtiar.

Lebih lanjut Ia bilang, perusahaan terus berupaya memperkuat fundamental dan meningkatkan kompetensi Elnusa untuk memperkuat daya saing sebagai perusahaan jasa energi.

“Kami sangat optimis mampu menutup tahun 2022 dengan hasil kinerja gemilang dan siap menyambut 2023 dengan Elnusa yang semakin bergeliat,” ucap Bachtiar.

Baca juga: Laba Bumi Resources Melesat 473 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com