Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Spice Up the World" Targetkan Lebih Banyak Restoran Indonesia di Luar Negeri

Kompas.com - 09/11/2022, 18:19 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan pembukaan restoran Waroeng Windsor di London, Inggris.

Hal ini sebagai upaya diplomasi kuliner Indonesia melalui program Spice Up the World.

“Kemenprekraf memiliki program Spice Up The World yang merupakan program didesain untuk mempromosikan rempah-rempah yang dimiliki oleh Indonesia kepada dunia,” kata dia dalam siaran pers, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Ikut Bursa Pariwisata ke London, Kemenparekraf Bidik Target Transaksi Rp 322,28 Miliar

Sandiaga mencontohkan, apabila China punya Jalur Sutra sebagai jalur perdagangan, Indonesia punya jalur ini untuk mengenalkan beraneka ragam rempah yang dimiliki Indonesia

"Kami berharap dalam program ini kami bisa mengembangkan 400.000 restoran Indonesia di seluruh dunia. Sebagian besar ada di Eropa, beberapa ada di UK (Inggris), juga Amerika Serikat, dan tersebar di kawasan Asia," urai dia.

Baca juga: Kemenparekraf Sebut Industri Gim dkk Harus Pahami Akses Pembiayaan

Oleh karena itu, Sandiaga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk mengembangkan program Spice Up The World.

Targetnya untuk mendorong ekspor rempah-rempah yang diproyeksi mencapai triliunan dollar AS sekaligus mempromosikan kuliner Indonesia kepada dunia.

"Lewat restoran yang ada sekarang dan yang baru dibangun, kami berharap mereka dapat mempromosikan gastronomi Indonesia kepada dunia," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Pelaku Ekraf Cari Alternatif Pembiayaan Lewat Pasar Modal

 


Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu berharap dapat lebih banyak lagi pengusaha di Inggris yang dapat membuka lagi restoran untuk mengenalkan rempah dan kuliner nusantara.

"Mudah-mudahan lebih banyak lagi restoran Indonesia yang buka di UK, di mana-mana sekaligus mendorong kebangkitan makanan dan rempah-rempah Indonesia," tandas Sandiaga.

Pembukaan restoran Waroeng Windsor di London, Inggris didukung oleh banyak pihak misalnya Diaspora dan Indonesia Small Medium Enterprise (ISME).

Kemenparekraf juga mengapresiasi BNI yang mendukung program Spice Up The World. Waroeng Windsor adalah pembiayaan pertama dalam program Spice Up The World.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com