Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melemah, Rupiah Kembali Tembus Rp 15.700 Per Dollar AS

Kompas.com - 10/11/2022, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada awal perdagangan Kamis (10/11/2022) dibuka melemah. Terpantau kurs mata uang Garuda terhadap dollar AS kembali ke level Rp 15.700.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 15.678 per dollar AS, terdepresiasi dibanding posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.657 per dollar AS. Depresiasi itu terus berlanjut, di mana pada pukul 09.55 WIB nilai tukar rupiah melemah 0,32 persen ke Rp 15.708 per dollar AS.

Pelemahan rupiah terjadi meskipun indeks dollar AS terpantau bergerak cenderung turun. Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, dalam sepekan terakhir greenback telah merosot lebih dari 1 persen, imbas dari ketidakpastian atas hasil pemilihan paruh waktu AS.

Baca juga: Usai Rilis PDB RI, Nilai Tukar Rupiah Kembali ke Kisaran Rp 15.600 Per Dollar AS

"Kebutuan politik kemungkinan akan memastikan tidak ada perubahan besar pada kebijakan fiskal di tahun-tahun mendatang, yang dapat menguntungkan greenback," ujar dia, dalam risetnya, Rabu (9/11/2022).

Dari sisi moneter, pasar mulai berekspektasi, The Federal Reserve (The Fed) akan menurunkan intensitas kenaikan suku bunga acuan pada pertemuan mendatang. Ibrahim menyebutkan, saat ini pasar memperkirakan kemungkinan hampir 60 persen bahwa bank sentral bakal menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada bulan Desember.

"Namun mengingat bank sentral juga mengisyaratkan bahwa suku bunga kemungkinan akan mencapai puncaknya pada tingkat yang lebih tinggi dari yang diharapkan, prospek mata uang Asia tetap tidak pasti," ucap Ibrahim.

Terpantau pada pagi hari ini sejumlah mata uang Asia lain juga terdepresiasi terhadap dollar AS, mulai dari dollar Hong Kong, dollar Singapura, dollar Taiwan, won Korea Selatan, peso Filipina, yuan China, baht Thailand, hingga ringgit Malaysia.

Baca juga: Rupiah Bisa Tembus Rp 16.000 Per Dollar AS, Pemerintah Diminta Tak Hanya Andalkan Suku Bunga Acuan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+