Dikira "Brand" Luar, Cerita Ediansyah Mantan Salesman hingga Punya Merek Buccheri

Kompas.com - 10/11/2022, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sangka Buccheri salah satu brand ritel yang menjual sepatu dan tas berkualitas untuk pria dan wanita adalah brand lokal asli Indonesia.

Produk lokal ini juga sering sekali dikenakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di beberapa kesempatan.

Director of Buccheri Indonesia Group Yansens Yansah, yang juga saat ini menjadi penerus generasi kedua Buccheri, menceritakan bahwa brand lokal yang satu ini didirikan oleh ayahnya Ediansyah pada tahun 1980.

Kala itu, Ediansyah sendiri salah satu perantau asal Kalimantan yang memilih Jakarta sebagai tempatnya mengadu nasib sebagai seorang salesman.

"Founder-nya bapak saya, dia perantau asal Kalimantan yang hanya menjadi salesman," ujar Yansens saat dijumpai Kompas.com di Sarinah, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Kisah Sukses Bobby Gafur, dari Jualan Koran Bekas hingga Jadi Bos OASA

Adapun keinginan Ediansyah membangun sebuah pabrik rumahan yang memproduksi sepatu adalah agar masyarakat di sekitarnya bisa memiliki sepatu pantofel kulit yang comfortable, dan kualitas yang juga bagus.

Ketika sudah memiliki pabrik rumahan dan kecil-kecilan, banyak sekali pelanggannya yang suka akan produk sepatu buatan tangannya. Bahkan, tak jarang brand-brand besar yang pada saat itu sudah terkenal, mengambil produk sepatu dari dirinya.

Namun, titik balik ia resmi melaunching brand Buccheri adalah dia berpikir kenapa produk sepatunya dijual lagi oleh orang lain dengan harga yang mahal. Padahal, harga aslinya tidak begitu mahal.

Berkat niatnya tersebutnya, terciptalah Buccheri.

Penamaan untuk brand Buccheri sendiri hanya penamaan yang terlintas begitu saja. Oleh sebab itu, Yansens menampik jika ada beberapa media yang mengira nama Buccheri diambil dari nama Ediansyah dan 2 saudaranya Budi dan Hery.

Baca juga: Bisnis Mainan tapi Tak Main-main, Cerita Rita Jadi Pahlawan bagi Puluhan Lulusan SLB di Yogyakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.