Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Uji Dinamis Kereta Cepat, Kereta Inspeksi Jajal Rel dengan Kecepatan 80 Km Per Jam

Kompas.com - 11/11/2022, 13:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - GM Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry mengatakan, kereta inspeksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk pertama kalinya menjajal rel kereta cepat, Kamis (10/11/2022).

Rahadian mengatakan, rangkaian kereta inspeksi KCJB melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas.

Dalam persiapan uji dinamis ini, kata dia, dilakukan uji akselerasi hingga kecepatan 80 km per jam.

"Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase," kata Rahadian dalam keterangan tertulis, Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Kereta Cepat Bakal Dipamerkan di G20 Showcase, KCIC: Semua Persiapan Berjalan Baik

Rahadian mengatakan, pada persiapan uji dinamis pada 10 November 2022, sistem kelistrikan sudah menyala. Selain itu, dilakukan uji gerak dan sistem pengereman pada kereta inspeksi hingga pengujian persinyalan.

"Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis dan hari ini merupakan hari perdana melaju di atas rel," ujarnya.

Untuk diketahui, uji dinamis rangkaian kereta inspeksi KCJB menjadi bagian dalam G20 showcase pada 16 November mendatang.

Baca juga: Jokowi dan Xi Jinping Akan Saksikan Uji Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara Online di Bali

 


Proses uji dinamis ini akan disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui telekonferensi.

Adapun selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

Proses uji dinamis ini akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung. Pada proses uji dinamis, kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam.

Baca juga: Dirut KAI: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik Modal Setelah 38 Tahun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com