Kompas.com - 13/11/2022, 12:34 WIB

KOMPAS.com - Mungkin Anda sering mendengar pertanyaan 1 Kg berapa Ons? Atau sebaliknya, 1 Ons berapa Kg?

Pertanyaan 1 Kg berapa Ons cukup sering ditanyakan, mengingat kedua satuan berat itu sangat lazim digunakan masyarakat di banyak negara.

Agar mengetahui nilai massa kilogram dalam ons, kalikan besaran kilogram dengan nilai 10, yang mana angka 10 adalah angka konversi. Yang artinya, dalam setiap 1 Kg sama dengan 10 Ons.

Sementara jawaban 1 ons berapa kg adalah 0,1 Kg. Satuan Ons yang digunakan di Indonesia memiliki kesetaraan dengan satuan metrik karena mengacu pada metric ounce, bukan mengacu pada ounce versi international avoirdupois.

Baca juga: Pembayaran Listrik Setiap Tanggal Berapa?

Pembahasan konversi 1 Kg berapa Ons

Jika dikonversikan, 1 kg sama dengan 10 ons. Ini karena 1 ons setara dengan 100 gram. Dengan menggunakan tangga satuan berat, Anda dapat mengubahnya menjadi konversi angka tersebut.

Selama ini agar memudahkan perhitungan konversi Kg ke Ons atau sebaliknya dari Ons ke Kg, dibuatlah tangga konversi yang terdiri dalam 7 tingkatan.

Dalam 7 tingkatan yang dimulai dari satuan paling besar hingga satuan paling kecil. Urutan tersebut dimulai dari kilogram (kg), heksagram (hg), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg), centigram (cg), dan miligram (mg).

Pada awalnya satuan Ons adalah satuan berat yang diperkenalkan Belanda di Indonesia. Di mana Ons pada awalnya ditulis Ounce yang setara dengan 100 gram.

Baca juga: 10 Produk Tabungan Bank yang Gratis Biaya Admin

Sejatinya, dalam satuan SI, ada satuan yang persis setara nilainya dengan ons yaitu hectogram. Jadi 1 ons = 1 hectogram (hg).

Namun begitu dalam bahasa sehari-hari satuan ons sangat populer digunakan untuk menyatakan berat benda, terutama untuk benda-benda yang kurang dari 1 kilogram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.