Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Laut Patimban Angkut 800 Ton Beras Bulog Asal Jabar ke Aceh

Kompas.com - 13/11/2022, 16:33 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Sebanyak 800 ton beras asal Jawa Barat (Jabar) didistribusikan menuju Provinsi Aceh melalui Tol Laut dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jabar.

Beras tersebut diangkut menggunakan 40 kontainer dengan kapal Kendhaga Nusantara 14 yang dioperasikan oleh PT Citrabaru Adinusantara pada Minggu (13/11/2022) pagi.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Capt Hendri Ginting menjelaskan, pengiriman beras ini merupakan pelayaran kedua Tol Laut T-1 di Pelabuhan Patimban yang dilayani oleh kapal Kendhaga Nusantara 14.

Baca juga: Pemerataan Stok Beras Dipercepat lewat Tol Laut

"Ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergi Kementerian Perhubungan bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional serta Perum Bulog untuk mewujudkan pemerataan pangan," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (13/11/2022).

Hendri mengungkapkan, beras yang dikirim kali ini berasal dari Gudang Bulog Cabang Indramayu dan Gudang Bulog Cabang Cirebon.

Kegiatan pengiriman beras melalui Tol Laut di Pelabuhan Patimban juga sebagai bukti bahwa keberadaan Pelabuhan Patimban dapat memberikan kemudahan bagi distribusi bahan pangan dari Jabar, yang merupakan salah satu provinsi penghasil beras nasional.

Baca juga: Jaga Harga Beras Stabil, Menhub Pastikan Kelancaran Distribusi Lewat Tol Laut

"Keberadaan Tol Laut di Patimban ini semakin memudahkan pemerataan distribusi beras dari wilayah Jawa Barat ke daerah Provinsi Aceh," ujar Capt Hendri.

Adapun trayek T-1 ini memiliki rute pelayanan Tanjung Priok – Patimban – Lhoksumawe – Malahayati – Patimban – Tanjung Priok.

Baca juga: Minyakita Kembali Dikirim ke Maluku via Tol Laut, Kemenhub: Harga Jualnya Harus Lebih Murah

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com