Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Ari Soemarno, dari Dirut Petral, Dirut Pertamina, hingga Ketua Pokja Anti-Mafia Migas

Kompas.com - 14/11/2022, 08:08 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari Soemarno tutup usia pada Minggu (13/11/2022) di usia 73 tahun. Ari merupakan kakak dari mantan Menteri BUMN Rini Soemarno. Ari lahir di Yogyakarta pada 14 Desember 1948.

Ari merupakan putra dari mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), yang juga sempat menjadi Menteri Keuangan Soemarno di era tahun 1960-an.

Ari merupakan lulusan teknik Kimia dari Aachen University Jerman dan memulai kariernya sebagai teknisi pengolahan di Kilang LNG di Kalimantan Timur pada tahun 1978.

Baca juga: Mantan Dirut Pertamina Ari Soemarno Meninggal Dunia

Di perusahan minyak pelat merah, Ari Soemarno sempat menduduki sejumlah posisi, di antaranya staff khusus Direktu Hilir Pertamina, Direktur utama Petral (Pertamina Trading) Limited. Petral sendiri sudah dibubarkan oleh Presiden Jokowi.

Di tahun 2006-2009, Ari duduk sebagai Direktur Utama Pertamina, menggantikan Widya Purnama yang telah menjabat posisi tersebut sejak tahun 2004.

Ari Soemarno juga sempat ditunjuk sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Energi dan Anti-Mafia Minyak dan Gas (Migas) pada 2014 pada awal pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla. Latar belakang Ari menjadi alasan penunjukan tersebut.

Rini Soemarno, Ketua Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla kala itu menjelaskan, Ari dipilih lantaran memiliki kapabilitas tinggi dalam hal minyak dan gas.

Ia berharap, keberadaan Ari di Tim Transisi dapat memberikan kontribusi terutama dalam menyelesaikan persoalan migas yang terjadi selama ini.

“Karena dia sangat memahami persoalan itu makanya dia ditunjuk sebagai Ketua Pokja Migas,” kata Rini di Kantor Transisi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Baca juga: Dirikan PIMD, Pertamina Sebut Bukan Pengganti Petral

Informasi meninggalnya petinggi Pertamina tersebut diumumkan olehPjs. VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Heppy Wulansari kepada media.

"Menyampaikan berita duka cita dari kami Keluarga Besar Pertamina, bahwa Direktur Utama PT Pertamina (Persero) periode 2006 - 2009, Bapak Ir. Ari Hernanto Soemarno, meninggal dunia pada Minggu, 13 November 2022, pukul 09.31 WIB di usia 72 Tahun," ujar Heppy.

Ari disemayamkan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan dikebumikan pada Minggu, pukul 15.30 WIB di Pemakaman Umum San Diego Hills, Karawang Jawa Barat.

"Semasa kepemimpinannya, Bapak Ari Hernanto Soemano telah mengabdi untuk perusahaan, khususnya dalam program transformasi. Kami memohon doa, agar Almarhum diterima amal ibadahnya di sisi Allah," tegasnya.

Baca juga: Subholding Gas Pertamina Perluas Kerja Sama Energi dengan BUMN Turkiye

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com