Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton WSBK Mandalika Lampaui Donnington, Erick Thohir: Bukti Indonesia Mampu Jadi Tuan Rumah Perhelatan Dunia

Kompas.com - 14/11/2022, 11:41 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

LOMBOK, KOMPAS.com - Kejuaraan motor World Superbike (WSBK) dan World Supersport (WSSP) yang berlangsung pada 12 - 13 November 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit telah tuntas.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, jumlah penonton di Mandalika melampaui jumlah penonton WSBK di Sirkuit Donnington, Inggris. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, dalam upaya mendorong pertumbuhan pariwisata pasca Pandemi Covid-19.

“Tingginya jumlah penonton tersebut merupakan pembuktian banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya, serta Indonesia,” kata Erick dalam siaran pers, dikutip Senin (14/11/2022).

Baca juga: Luncurkan Buku Biografi, Erick Thohir: Berisi Fase Tersulit Hidup yang Tak Banyak Orang Tahu

Menurut Erick, membeludaknya penonton menunjukkan kepercayaan publik terhadap Sirkuit Mandalika yang baru dua kali menjadi tuan rumah WSBK. Publik juga menaruh kepercayaan terhadap kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika.

"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," ujar Erick.

Erick juga mengatakan, para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK maupun WSSP nantinya akan menjadi duta Indonesia dimata dunia.

"Mereka akan menyebarkan kabar baik tentang Indonesia di luar negeri," ungkap Erick.

Baca juga: Erick Thohir: Kita Perlu 10 Kota yang Sama Besarnya Seperti di AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com