Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

QR Code Antarnegara Permudah UMKM dan Sektor Pariwisata

Kompas.com - 14/11/2022, 13:14 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menilai kerja sama dengan 4 bank sentral negara ASEAN lain untuk mengkoneksikan sistem pembayaran antarnegara akan semakin mendorong pertumbuhan UMKM nasional.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, hal ini lantaran konektivitas sistem pembayaran di regional ini akan memudahkan keempat negara untuk membeli produk-produk UMKM Indonesia hanya dengan QR code.

Bahkan tidak hanya UMKM Indonesia, UMKM di 4 negara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina juga akan ikut terdorong dengan adanya kemudahan sistem pembayaran antarnegara ini.

"Bayangkan bahwa lima negara people mobilitas ini ke mana pun bisa membeli UMKM, bisa beli barang-barang apapun, bahkan di warung-warung bisa menggunakan QR," ujarnya saat konferensi pers Advancing Regional Digital Payment Connectivity, Senin (14/11/2022).

Baca juga: WNI Belanja ke 4 Negara ASEAN Ini Tinggal Scan QR Code, Tak Perlu Tukar Uang

Selain itu, turis-turis dari 4 negara ASEAN tersebut juga akan mudah berbelanja di Indonesia, begitupun sebaliknya sehingga hal ini akan meningkatkan sektor pariwisata masing-masing negara.

"Apakah kita ke Kuala Lumpur beli durian musang king atau Thailand durian montong atau mereka datang ke Indonesia beli pakaian-pakaian UMKM Indonesia langsung dengan QR, itu langsung bisa tersambung," ucapnya.

Baca juga: QRIS Antarnegara, Belanja di Thailand Kini Bisa Pakai Aplikasi BCA Mobile

 


Dengan demikian, kata Perry, kerja sama ini secara tidak langsung akan meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan hidup para pelaku UMKM yan sebagian besar berupa wanita dan anak muda.

"Sebagian besar dari UMKM ini adalah wanita yang dari UMKM ini hidupnya keluarga sejahtera, bahkan bisa menyekolahkan anaknya S1, S2, S3 jadi pemimpin-pemimpin," kata Perry.

Pery menjelaskan, dengan adanya kerja sama pembayaran lintas batas ini maka nantinya WNI akan mudah bertransaksi di 4 negara tadi dengan cepat, mudah, dan biaya yang murah.

Pasalnya, selain menggunakan QR code, penyelesaian pembayaran akan dilakukan secara langsung menggunakan mata uang lokal (local currency). Artinya pengguna tidak perlu menukarkan kurs rupiah ke mata uang asing.

Baca juga: Pengertian, Biaya, dan Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com