Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Tentukan Produk Awal Investasi yang Paling Cocok Untukmu

Kompas.com - 14/11/2022, 13:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Pemahaman masyarakat terkait investasi sejak pandemi telah meningkat. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi dan digitalisasi dalam berbagai aspek yang membuat pengetahuan bidang finansial turut meningkat.

Digitalisasi juga membuat beberapa cara berinvestasi menjadi lebih mudah terutama karena banyaknya bentuk investasi modal kecil yang bisa dimulai lewat berbagai aplikasi. Oleh karena itu, sebagai pemula, kita tidak perlu khawatir untuk memulai investasi.

Tahap memulai bisa dikatakan sebagai penentu pembelajaran kita dalam berinvestasi. Hal ini juga diungkapkan Djumiyati dan Joice Tauris Shanti dalam siniar Cuan episode “Ngerumpi CUAN: Perjalanan Awal Mula Berinvestasi ala CFP” atau melalui tautan https://dik.si/CUANInvestasiCFP.

Sebelum investasi menjadi mudah seperti saat ini, Joice dan Djum telah melakukan investasi dengan mendatangi bank dan membeli produk investasi secara manual. Mereka bercerita bahwa prosesnya cukup memakan waktu.

Baca juga: Kisah Korupsi dalam Secangkir Kopi Multatuli

Lantas, apalagi yang ditunggu? Dengan kemudahan sekarang, yuk segera berinvestasi! Berikut ini adalah langkah memilih produk investasi yang dapat dilakukan menurut OJK.

Kenali Tujuan Investasi

Sebelum memulai berinvestasi, kita perlu menentukan untuk apa kita berinvestasi. Dari hal ini, kita dapat menentukan jangka waktu berinvestasi yang dibutuhkan. Berbeda dengan tabungan

Dengan tujuan yang tepat ini, kita juga dapat mengenali profil risiko yang bisa diambil. Hal ini untuk menghindari kerugian di kemudian hari. Misalnya kita ingin menabung sekaligus berinvestasi jangka panjang, maka pilihan yang tepat yang dapat diambil adalah reksa dana pasar uang.

Investasi reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang sedang ramai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kesempatan yang disediakan oleh reksadana sangat terbuka lebar.

Risiko yang Bisa Ditanggung

Reksa dana pasar uang memang tidak menawarkan lebih banyak keuntungan, namun produk ini juga minin risiko. Oleh karenanya, produk harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kepribadian kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.