Mengenal Apa Itu Uang Fiat: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kompas.com - 15/11/2022, 08:42 WIB


KOMPAS.com – Uang fiat adalah mata uang modern yang saat ini digunakan oleh sebagian besar negara di dunia. Seperti apa contoh uang fiat?

Dikutip dari Investopedia pada Selasa (15/11/2022), uang fiat artinya mata uang yang dikeluarkan pemerintah yang tidak didukung oleh komoditas fisik, seperti emas atau perak.

Dengan demikian, sebuah uang dikategorikan sebagai uang fiat jika tidak mensyaratkan adanya cadangan fisik emas atau komoditas lainnya dalam penerbitan uang tersebut.

Baca juga: Kenali Nama Mata Uang China, Apa Bedanya Renminbi dan Yuan?

Hal ini sekaligus yang menjadikan adanya perbedaan uang komoditas dan uang fiat. Tanpa adanya komoditas, lalu apa yang menjamin nilai uang fiat?

Nilai uang fiat diturunkan dari hubungan antara penawaran dan permintaan dan stabilitas pemerintah penerbit, bukan dari nilai komoditas yang mendukungnya.

Asal usul mata uang fiat

Istilah "fiat" adalah kata Latin yang sering diterjemahkan sebagai "itu akan menjadi" atau "biarkan itu dilakukan."

Jadi mata uang fiat hanya memiliki nilai karena pemerintah mempertahankan nilai itu. Dengan kata lain, tidak ada utilitas untuk uang fiat itu sendiri.

Contoh uang fiat yakni Dollar AS, Euro, dan sejumlah mata uang utama lain yang beredar di dunia tanpa mematok penerbitannya ke komoditas fisik.

Baca juga: Kenali Gambar dan Nama Pahlawan di Uang Rp 100.000 Baru

Mata uang fiat muncul ketika pemerintah akan mencetak koin dari komoditas fisik yang berharga, seperti emas atau perak, atau mencetak uang kertas yang dapat ditukarkan dengan sejumlah komoditas fisik.

Fiat, bagaimanapun, tidak dapat diubah dan tidak dapat ditebus hanya karena tidak ada komoditas dasar yang mendukungnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
WORK SMART
Pemimpin Modern
Pemimpin Modern
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.