Kompas.com - 15/11/2022, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki banyak rekening tabungan kini sudah menjadi hal lumrah. Namun dari sekian banyak rekening, pasti ada satu atau dua rekening tabungan yang jarang digunakan. Alhasil rekening tabungan itu menjadi pasif atau dormant.

Dilansir dari laman bni.co.id, rekening tabungan dapat dinyatakan pasif atau dormant apabila selama 6 bulan berturut-turut rekening tersebut tidak ada transaksi debit maupun kredit, selain pendebitan dan pengkreditan oleh sistem.

Hal ini berlaku untuk nilai saldo berapapun yang ada di rekening.

Sedangkan untuk Rekening BNI Simpanan Pelajar akan dinyatakan pasif (dormant) bila tidak aktif Selama 12 bulan berturut-turut.

Baca juga: Proses Verifikasi Cepat, Ini Cara Buka Rekening blu by BCA Digital

Dampak jika rekening BNI pasif

Lantas apa saja yang akan terjadi jika rekening BNI menjadi pasif atau dormant? Dikutip dari laman resmi BNI, berikut beberapa dampak yang akan terjadi jika rekening BNI pasif:

1. Tidak dapat melakukan transaksi pendebitan baik penarikan tunai dan pemindahbukuan atau transfer melalui e-channel maupun pembelanjaan di merchant atau melalui EDC.

2. Tidak boleh melakukan aktivasi e-channel.

3. Tetap bisa menerima transaksi transfer masuk selain melalui cabang BNI dari bank lain atau transfer dari transaksi e-channel. Namun tidak mengubah status rekening menjadi aktif.

Cara mengaktifkan kembali rekening BNI pasif

Jika status rekening tabungan BNI Anda dinyatakan pasif (dormant), Anda masih bisa mengaktifkannya kembali dengan cara berikut:

1. Hubungi BNI Call di nomor 1500046 untuk mengecek status rekening BNI Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.