Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Sebut Rangkaian KTT G20 Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Bali

Kompas.com - 15/11/2022, 14:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 memberikan dampak positif bagi para pelaku parekraf di Bali.

Hal tersebut disampaikan dalam dialog dengan pelaku ekonomi kreatif bertajuk Pelaku Ekonomi Kreatif Bangkit dalam Pemulihan Ekonomi di Kuta Seafood Restaurant, Bali.

Sandiaga Uno mengungkapkan, berkat presidensi Indonesia dalam KTT G20 tahun 2022 banyak pelaku ekonomi kreatif di Bali yang merasakan langsung dari pertemuan berkelas dunia ini.

Baca juga: Sandiaga ke LO KTT G20: Tampilkan Keramahtamahan Ciri Khas Bali

Hal itu berdampak pada pembukaan peluang usaha dan lapangan kerja. Salah satunya adalah di Kuta Seafood Restaurant.

"Kuta Seafood ini buka sejak dua bulan yang lalu dan sudah membuka lapangan kerja bagi 25 karyawan di penghujung pandemi dan ini adalah dampak langsung dari kehadiran G20," kata Sandiaga dalam siaran pers, Selasa (15/11/2022).

Ia menambahkan, momentum KTT G20 yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022 ini perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku parekraf di Bali.

Dengan begitu, dampak positif dari KTT G20 bisa dirasakan secara merata, mulai dari pelaku UMKM hingga pengusaha besar.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Pariwisata Berkelanjutan Jadi Tren Pengembangan Parekraf Indonesia

"Ini tentunya harus kita kawal momentum kebangkitannya, sehingga G20 ini bukan hanya dirasakan oleh hotel-hotel berbintang tapi juga oleh pelaku-pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif yang ada di Bali seiring dengan peningkatan pariwisata di Bali," urai dia.

"Karena G20 ini bukan hanya terlaksana dua hari saja, tapi satu tahun sebelumnya, sudah ada sekitar 150 side events yang melibatkan UMKM dan juga pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata di seluruh Indonesia," timpal Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Hari Paramuda selaku pemilik Kuta Seafood Restaurant mengakui dirinya merasakan langsung dari dampak positif pelaksanaan KTT G20 di Bali.

"Banyak kepala-kepala daerah menjelang G20 ini yang datang bertugas ke Bali dan makan di sini, itu adalah dampak yang sangat luar biasa yang kami rasakan," tandas Hari.

Baca juga: Sandiaga Optimistis Sektor Parekraf Tarik Investasi 8 Miliar Dollar AS dalam 5 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com