Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR Jadi Fotografer Dadakan di KTT G20, Tagar Pak Bas Trending di Twitter

Kompas.com - 16/11/2022, 20:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menenteng kamera saat Presiden Joko Widodo mengajak tamu G20 meninjau kawasan konservasi Mangrove Tahura di Denpasar, Bali pada Rabu (16/11/2022) menjadi sorotan warganet.

Sontak tagar "Pak Bas" masuk trending di media sosial Twitter pada Rabu sore lantaran warganet membagikan dan mengomentari sosok Menteri PUPR saat mengabadikan momen G20 tersebut.

Tagar Pak Bas trending di Twitter.Tangkapan layar Twitter. Tagar Pak Bas trending di Twitter.
Pada tangkapan layar yang dibagikan warganet di Twitter terlihat sosok Basuki sedang menggunakan kamera hitam dengan lensa tele.

Baca juga: Bertopi Sambil Tenteng Kamera, Gaya Menteri PUPR Jadi Fotografer Dadakan di G20 Tahura Mangrove Bali

Penampilannya pun nampak kasual dengan baju berkerah berwarna putih, celana panjang hitam, dan topi hitam pudar dengan lambang Kementerian PUPR. Uniknya, Menteri PUPR itu menggunakan topi dengan terbalik layaknya fotografer profesional.

Dengan penampilannya tersebut, beberapa warganet mengaku kaget dan hampir tidak mengenalinya sebagai Menteri karena sosok Basuki cukup membaur dengan sosok wartawan-wartawan G20 lainnya.

"Ku kira wartawan asing yang motoin Presiden Biden, ternyata Pak Bas. Cc
@KemenPU," tulis pemilik akun Twitter @anghid****, Rabu.

"Baru ngeh lihat di TV lah kok iso iso ae tibake e Pak Menteri siji kae.
Fotografer dadakan ala Elek Yo Band Pak Bas ( topi di walik )," tulis akun Twitter @AbankTh**.

Warganet juga menyiroti saat Menteri Basuki ingin berjalan namun dihalangi oleh salah seorang wartawan asing yang sedang mengambil gambar Presiden Jokowi.

Baca juga: Aksi Menteri PUPR Kala Jadi Fotografer Dadakan Para Petinggi KTT G20

"Itu sapa dah ngehalangin Pak Basuki? Berani-beraninya sama Menteri Kesayangan Indonesia. Lagi ga pegang drum, Pak Bas pegang kamera dong," tulis akun Twitter @iina_surba***.

Bahkan salah seorang warganet dengan akun Twitter @rhisuk** mengomentari topi yang dikenakan Menteri PUPR itu saat mengabadikan momen G20 lantaran warna topi tersebut terlihat memudar.

"Serius nanya tolong jawab ya Min
@KemenPU. Topinya Pak Bas apa ga pernah ganti ya? dah sesek banget di kepala. kasian liatnya min tolong," kata akun Twitter @rhisuk**.

Diberitakan sebelumnya, sepanjang acara, hanya ada dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yang ikut serta dengan para kepala negara dan petinggi lembaga internasional mengelilingi Tahura, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Menteri PUPUR Basuki.

Baca juga: Deklarasi Pimpinan KTT G20 Sepakat Perkuat Sektor Kesehatan, Sudah 1,5 Miliar Dollar AS Dana Pandemi Terkumpul

Siti nampaknya secara resmi bertugas mendampingi para kepala negara dan petinggi lembaga internasional itu, sementara Basuki dengan gaya nyentriknya memiliki aksi sendiri layaknya fotografer official G20.

Dalam pantauan Kompas.com, Basuki Hadimuljono bergabung dengan tim fotografer dan kameramen media sembari mengikuti rombongan KTT G20. Ia pun tak ragu untuk ikut berdesakan dengan fotografer dan kameramen lainnya dalam mengabadikan momen saat itu.

Dia bahkan tak ragu untuk mengikuti arahan pasukan pengamanan presiden (paspampres) yang sesekali meminta tim media untuk mundur ketika dinilai sudah terlalu dekat dengan kepala negara dan petinggi lembaga internasional.

Sembari menjadi fotografer, sesekali Basuki mengambil kesempatan mengobrol dengan para undangan di sana. Pada satu kesempatan, bahkan nampak dirinya sedang menjelaskan suatu hal kepada para kepala negara dan petinggi lembaga internasional.

Tak lama berinteraksi dengan para undangan, Basuki segera melanjutkan "tugasnya" sebagai fotografer hingga akhir acara.

Lewat pantauan di ruang media center, sesekali wartawan Indonesia pun tertawa karena merasa terhibur dengan aksi Menteri PUPR itu.

Baca juga: Mengintip Menu Makan Siang Khas Kuliner Nusantara untuk Peserta KTT G20


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com