Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Berpotensi Rebound Hari Ini, Simak Rekomendasi Saham 2 Analis

Kompas.com - 17/11/2022, 06:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,31 persen ke posisi 7.014,38pada sesi perdagangan Rabu (16/11/15) kemarin. Ini terjadi seiring dengan adanya aksi penjualan bersih (net sell) yang dilakukan investor asing.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher mengatakan, IHSG ditutup melemah dengan rentang cukup terbatas. Pelemahan didorong aksi profit taking memanfaatkan penguatan tipis di hari sebelumnya.

"Yang cukup optimis didorong data PPI Amerika Serikat," kata dia, dalam risetnya, Rabu.

Baca juga: IHSG Ditutup di Zona Merah, ANTM dan EXCL Turun Lebih dari 5 Persen

Adapun pada sesi perdagangan Kamis (17/11/2022) hari ini, Dennies memproyeksi IHSG rebound. IHSG hari ini diprediksi bergerak pada rentang support-resistance 6.964-7.055 dan secara lebih luas 6.914-7.096.

Secara teknikal, Dennies bilang, candlestick membentuk hanging man dengan stochastic mendekati area oversold. Menurutnya, ini mengindikasikan potensi penguatan IHSG.

"Pergerakan akan didorong optimisme dari inflasi AS yang melandai. Dari dalam negeri akan didorong pembagian dividen beberapa emiten. Sementara minim sentimen dari data ekonomi," ujarnya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga mengatakan, IHSG hari ini berpotensi menguat. Menurutnya, indeks saham akan bergerak pada rentang 6.954-7.141.

Baca juga: Buwas Blak-blakan Cadangan Beras Pemerintah Menipis

Ia mengatakan, pola gerak IHSG di tengah penantian rilis tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) terlihat masih akan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar. Ia bilang, kuatnya fundamental perekonomian Indonesia yang terlihat dari beberapa data perekonomian yang telah terlansir turut memberikan sentimen dalam pergerakan IHSG hari ini.

"Selain itu para investor asing hingga saat ini masih mencatatkan capital inflow secara ytd yang masih menunjukkan minat investor terhadap pasar modal Indonesia," ucapnya.

Beberapa saham yang menarik untuk dicermati untuk perdagangan hari ini menurut William ialah, ITMG, JSMR, AALI, BBNI, INDF, TLKM, AKRA, dan ROTI. Sementara Dennies merekomendasikan saham WIKA, TOWR, MDKA, dan BBCA.

Baca juga: INA, CATL, dan CMBI Sepakati Green Fund Senilai Rp 29,6 Triliun

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com