Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Punya Produk Asuransi

Kompas.com - 17/11/2022, 13:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memiliki produk asuransi, calon pemegang polis perlu memperhatikan beberapa hal agar asuransi menjadi sarana proteksi yang efektif.

Chief Product Office Allianz Life Indonesia Himawan Purnama mengatakan, terdapat tiga hal penting yang dapat diperhatikan sebelum memilih produk asuransi.

Pertama, calon pemgang polis perlu memetakan kebutuhan apa yang ingin ditanggung dengan memiliki produk asuransi.

Baca juga: Kapan First Jobber Sebaiknya Memiliki Produk Asuransi?

Produk asuransi yang tepat adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan pemegang polisnya. Untuk itu, calon pemilik polis juga perlu untuk memahami apa yang sebuah produk tawarkan.

"Sesuaikan kebutuhan, jadi kebutuhannya itu apa aja? Benar-benar pahami kebutuhannya apa, jangan beranggapan di asuransi itu ada produk dewa, jadi sesuai kebutuhan saja, ada plus minusnya," ucap dia dalam Media Workshop 2022 Life & Health Insurance 101: Do’s & Don’ts Sebelum dan Saat memiliki Asuransi, Rabu (16/11/2022).

Kemudian, setelah memiliki asuransi sempatkan untuk selalu meninjau ulang produk yang telah dimiliki secara berkala. Pasalnya, hal ini akan membantu pemegang polis melihat apakah produk asuransi yang dimilikinya masih sesuai dengan kebutuhan perlindungan di masa sekarang.

Ia menyebut, kebutuhan perlindungan setiap orang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan fase kehidupan yang berbeda.

"Review polis secara berkala, tahun depan bisa berbeda, kebutuhannya berbeda, pastikan jufa perlindungan telah sesuai dan terus aktif," imbuh dia.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Punya Asuransi Tambahan?

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah, ketersedian layanan tambahan yang diberikan perusahaan asuransi. Layanan ini akan menunjang pelayanan perusahaan asuransi kepada pemegang polisnya.

Allianz Indonesia misalnya menawarkan layanan digital tambahan eAZy Connect. Portal ini dapat digunakan untuk memantau polis secara online.

Layanan tambahan ini merupakan pelengkap dari produk asuransi yang dimiliki.

"Ibarat rumah makan, kita kan tidak hanya cari yang enak dan murah, tetapi yang bersih, pelayanannya oke, akses juga mudah," ujar dia.

Terakhir dalam memilih asuransi, calon pemegang polis perlu memperhatikan reputasi perusahaan. Pasalnya, asuransi biasanya bersifat jangka panjang.

Dengan begitu, prospek perusahaan asuransi di masa depan penting menjadi bahan pertimbangan.

"Jadi lihat track record-nya juga. Pastikan karena ngomonginnya jangka panjang, pastikan yang bisa kasih proteksi dan layanan yang oke dalam jangka panjang," tandas dia.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Ini Tips Pilih Asuransi Kendaraan yang Lindungi Risiko Banjir dan Bencana Alam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com