Kompas.com - 17/11/2022, 13:41 WIB

KOMPAS.com - Apakah 1 ons 100 gram? Barangkali Anda pernah mendengar pertanyaan tersebut. Di Indonesia, penggunaan satuan berat ons dan gram sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Berbeda dengan kilogram atau kg, ons dan gram banyak digunakan untuk menimbang barang yang relatif ringan atau berukuran kecil.

Namun tak semua orang mengetahui satuan konversi gram dan ons. Bagi sebagian orang, mungkin masih bingung menjawab 1 ons berapa gram Indonesia?

Apakah 1 ons 100 gram?

Dikutip dari Bureu International des Poids et Mesures (BIPM), 1 ons adalah setara dengan 100 gram di Indonesia. Sementara apabila dikonversi ke kg, 1 ons setara dengan 0,1 kg.

Baca juga: Berapa Liter dalam Satu Galon Aqua?

Ons yang telah dikenal di Indonesia merupakan warisan satuan perhitungan berat dari era Kolonial Belanda. Di negara lain, setiap 1 ons bisa tak sama dengan 100 gram.

Sebagai contoh, 1 ons Prancis setara dengan 30,59 gram, 1 ons Portugas sama dengan 28,69 gram, dan 1 ons Romawi setara dengan 27,4 gram.

Terlebih, ons bukanlah satuan berat resmi dalam Standar Internasional (SI). Satuan berat SI adalah gram dan kilogram.

Dalam satuan berat SI, 100 gram yang setara dengan 1 ons disebut dengan hektogram (hg).

Berikut persamaan 1 ons Belanda (yang juga dipakai di Indonesia) dengan satuan SI:

  • 1 ons sama dengan 0,1 kg
  • 1 ons sama dengan 1 hg
  • 1 ons sama dengan 10 dag
  • 1 ons sama dengan 100 gram
  • 1 ons sama dengan 1.000 dg
  • 1 ons sama dengan 10.000 cg

Baca juga: 1 Kg Berapa Ons? Ini Hitungan Mudahnya

Jadi sudah tahu apakah 1 ons 100 gram atau pertanyaan 1 ons berapa gram Indonesia?Suddin Syamsuddin / Kompas. Com Jadi sudah tahu apakah 1 ons 100 gram atau pertanyaan 1 ons berapa gram Indonesia?

Jadi sudah tahu kan jawaban untuk apakah 1 ons 100 gram?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.