Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Akuisisi Central Park, Hankyu Properties Jajaki Kerja Sama Lain dengan APLN

Kompas.com - 17/11/2022, 19:34 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan properti asal Jepang, Hankyu Hanshin Properties Corp, berencana memperluas kerja sama dengan emiten properti PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN). Anak usaha Hankyu Hanshin Holdings Inc itu mengaku siap menggarap proyek APLN yang lain.

Pernyataan itu disampaikan setelah Hankyu Hanshin Properties resmi menjadi pemegang saham utama sekaligus pengendali Central Park Mall, di Podomoro City, Jakarta Barat.

Respresentative Director And President Hankyu Hanshin Properties Corp Ryuchi Morotami mengatakan, kolaborasi ini merupakan awal dari berbagai peluang kerja sama lainnya di masa yang akan datang.

"Kami sungguh senang dapat berkolaborasi dengan Agung Podomoro di Central Park Mall yang merupakan salah satu mal terbaik di Jakarta," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: Buat Bayar Utang, APLN Jual Aset Saham Mal Central Park ke Perusahaan Jepang

Asal tahu saja, Hankyu Hanshin Properties baru saja menuntaskan akuisisi 85 persen saham Central Park Mall dari APLN senilai Rp 4,5 triliun. Transaksi ini ini dilakukan Hankyu melalui anak usahanya yaitu CPM Asset Japan LLC terhadap PT CPM Asset Indonesia sebagai pembeli langsung 85 persen saham Central Park Mall.

Sebagai bagian dari kolaborasi bisnis dua raksasa properti tersebut, Hankyu menguasai 71,42 persen saham PT CPM Asset Indonesia, sementara APLN memiliki 28,58 persen saham.

"Atas nama Agung Podomoro, saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kerjasama yang saling menguntungkan untuk Central Park Mall ini, khususnya Hankyu Hanshin Properties dan JOIN," kata pendiri Agung Podomoro Group, Trihatma Kusuma Haliman.

Trihatma percaya dengan berbagi keahlian yang dimiliki, kolaborasi ini akan membawa kemajuan dan mampu menjadikan Central Park sebagai mal terbaik di kelasnya. Selain itu, kedua belah pihak juga memilki visi yang sama ke depannya.

Baca juga: Penjualan Central Park Mall Jakarta Sumbang Pendapatan APLN Jadi Rp 6,3 Triliun

"Saya yakin ini hanyalah awal dari kolaborasi dengan Hankyu Hanshin Properties dalam berbagai kesempatan. Terima kasih kepada Hankyu Hanshin Corporation atas kunjungan terakhir kami ke Osaka," ucapnya.

Sebagai informasi, hingga kuartal III-2022, APLN telah mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 7,39 triliun. Pencapaian tersebut meningkat 154,2 persen dibandingkan periode sama tahun 2021 sebesar Rp 2,91 triliun.

Laba kotor perseroan juga melonjak 332,8 persen menjadi Rp 4,39 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 1,01 triliun. Sementara laba bersih komprehensif dalam periode sembilan bulan tahun 2022 melesat hingga 826,1 persen menjadi Rp 2,57 triliun dari rugi komprehensif sebesar Rp 354,1 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: APLN Bantah Bukit Podomoro Business Park Tak Miliki Dokumen Pertanahan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+