Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Jokowi dan Xi Jinping Apresiasi Proyek Kereta Cepat | Kadin: UMP Perlu Dinaikkan

Kompas.com - 18/11/2022, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Saat Jokowi dan Xi Jinping Kompak Apresiasi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung...

Uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjadi pembuka pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi dan Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Bandung, melalui layar telekonferensi.

Melalui layar tersebut, Jokowi dan Xi Jinping menyaksikan kereta cepat inspeksi dijalankan masinis Supriadi dan Mu Zhen.

Dalam layar tersebut terlihat Kereta Cepat Jakarta-Bandung berwarna abu-abu dan oranye itu berjalan meninggalkan Stasiun Tegalluar dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat.

Uji dinamis kereta cepat ini dilakukan sepanjang 15 kilometer. Jokowi dan Xi Jinping terlihat bertepuk tangan atas suksesnya uji dinamis kereta cepat tersebut.

Selengkapnya klik di sini

2. Resesi Global Datang, Forum G20 Digadang

Banyak analis memperkirakan bahwa pemulihan global akibat pandemi diperkirakan akan terus berlanjut sampai tahun 2023. Namun ironisnya, selang dua tahun perekonomian dunia mulai tumbuh dengan dorongan kebijakan akomodatif serta upaya vaksinasi global, datanglah ketegangan geopolitik berupa agresi militer Rusia terhadap Ukraina pada awal 2022.

Perang dua negara tersebut membawa konsekuensi terhadap disrupsi pasar komoditas serta perubahan peta rantai pasok pangan dan energi global. Konflik Rusia-Ukraina telah berdampak pada berkurangnya pasokan bahan makanan dan energi di benua Amerika dan Eropa sehingga memicu naiknya inflasi.

Tren inflasi tinggi di negara maju telah direspons dengan pengetatan kebijakan moneter yang aggressive, misalnya di Amerika, Fed Funds Rate telah dinaikkan 75 basis poin sebanyak empat kali berurutan tahun 2022.

Begitu pula dengan European Central Bank yang turut menaikan suku bunga acuan dua kali sebesar 75 basis poin. Normalisasi kebijakan moneter yang cepat di negara maju juga diikuti oleh banyak bank sentral di berbagai negara.

Perlu diwaspadai kenaikkan suku bunga acuan terus menerus perlu diimbangi dengan bauran kebijakan yang akomodatif terhadap pertumbuhan untuk mengantisipasi risiko resesi.

Selengkapnya klik di sini

3. Soal PHK di Jasindo, Stafsus Erick Thohir: Mereka Tawarkan Pensiun Dini

Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya.

Jasindo merupakan anggota holding BUMN asuransi dan pembiayaan di bawah Indonesia Financial Group (IFG). Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, Jasindo saat ini mengambil langkah tersebut untuk membawa kondisi perusahaan lebih baik.

Ia juga menjelaskan, Jasindo memberikan opsi pensiun dini bagi pekerjanya.

“Jadi mereka melakukan transformasi SDM untuk membuat perusahaan semakin lebih tinggi mobilitasnya. Mereka menawarkan pensiun dini untuk karyawannya, itupun untuk yang non struktural,” kata Arya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (17/11/2022). Arya mengungkapkan, nantinya karyawan yang mengajukan pensiun dini, juga akan diseleksi oleh perusahaan. Ia menekankan kebijakan tersebut untuk non struktural, dan bukan struktural perusahaan.

Selengkapnya klik di sini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com