Kompas.com - 18/11/2022, 09:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat lamaran kerja adalah dokumen tertulis yang dikirimkan bersama CV ke perusahaan untuk melamar kerja. Surat lamaran kerja dibuat untuk menjelaskan ketertarikan calon pelamar terhadap posisi lowongan kerja yang sedang dibuka.

Bagi yang sudah berpengalaman, cara membuat surat lamaran kerja bukanlah perkara yang sulit. Namun bagi mereka yang baru akan masuk ke dunia kerja, contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu dibutuhkan.

Surat lamaran kerja biasanya ditulis melalui tulisan tangan atau dengan menggunaan aplikasi ketik pada komputer. Dokumen ini kemudian dikirim lewat pos atau diantar langsung ke perusahaan yang dituju. 

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Daop I Jakarta Mulai Jual Tiket Kereta

Seiring perkembangan zaman, surat lamaran kerja juga dapat dikirimkan melalui email. Selain mudah dan cepat, mengirim surat lamaran kerja lewat email juga terbilang hemat biaya karena pelamar tidak perlu membeli amplop, perangko, dan keperluan surat-menyurat lainnya.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengirim surat lamaran kerja lewat email. Ini agar lamaran kerja yang Anda kirim dapat menarik HRD yang memeriksa email tersebut.

Sebelum mengirim surat lamaran kerja melalui email, Anda perlu menyiapkan berkas-berkas pendukung. Dalam hal ini, berkas-berkas yang dimaksud merupakan berkas yang berkaitan dengan data diri seperti CV, portofolio, pas foto, scan KTP, hingga scan SIM (jika diharuskan).

Baca juga: Turun Rp 1.000 per Gram, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Pelamar juga sebaiknya menggunakan email profesional ketika melamar pekerjaan lewat email. Dengan alamat email profesional, maka seorang pelamar akan dianggap sudah serius untuk masuk ke dunia kerja.

 

Cara mengirim surat lamaran kerja via email

Dikutip dari laman Gramedia.com, berikut cara mengirim lamaran kerja melalui email yang benar:

  • Pastikan alamat email sesuai dengan nama pengirim
  • Berkas lamaran kerja tidak lebih dari 1 mb
  • Hindari mengirim berkas lamaran kerja dengan format zip atau rar
  • Gunakan bahasa resmi
  • Tulis subject pada email secara jelas
  • Gunakan salam, pembuka, isi, dan penutup

Contoh surat lamaran kerja via email 

Beberapa komponen yang dibutuhkan dalam hal penulisan surat lamaran kerja di antaranya nama lengkap, usia, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, nomor kontak yang bisa dihubungi, dan alamat domisili.

Baca juga: Tiru OPEC, Menteri Bahlil Usul Bentuk Organisasi Negara Produsen Nikel

 

Contoh surat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar agar menarik perhatian HRDPIXABAY Contoh surat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar agar menarik perhatian HRD

Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja via email yang bisa menjadi referensi: 

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.