Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri Utama Finance (MUF) Salurkan Pembiayaan Kendaraan Listrik Rp 50 Miliar Sepanjang 2022

Kompas.com - 18/11/2022, 13:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pembiayaan Mandiri Utama Finance (MUF) telah menyalurkan sekitar Rp 50 miliar untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) sepanjang tahun 2022.

Marketing SEVP Mandiri Utama Fianance Yanto Tjia mengatakan, pada saat ini pasar kredit untuk kendaraan listik masih terbilang kecil.

"Mobil ini harganya cukup tinggi, yang dipasarkan pertama Ioniq dan Tesla, peminatnya banyak yang kes, jarang yang kredit. Jadi belum terlalu besar," ujar dia dalam konferensi pers MUF Auto Fest 2022, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: Mandiri Utama Finance Bidik Target Pembiayaan Rp 150 Miliar dari MUF Auto Fest 2022

Namun demikian, pihaknya meyakini pangsa pasar kredit kendaraan listrik di masa mendatang akan lebih cerah.

"Yang konvensional juga tetap tumbuh, jadi sama-sama tumbuh. Kami belum tahu apakah pemain otomotif ini nanti akan lari semua ke listrik," imbuh dia.

Pihaknya sendiri belum memiliki target khusus untuk pembiayaan kendaraan listrik ini. Pasalnya, saat ini animo masyarakat dinilai belum semarak.

Selain itu, Direktur Finance & Business Relationship MUF Rully Setiawan menjelaskan, ketersediaan unit kendaraan listrik juga masih sangat terbatas.

"Misalnya Ioniq 5 Hyundai itu yang inden sekarang baru dapat tahun depan," ucap dia.

Baca juga: Promo MUF Auto Fest 2022, Pembiayaan Mobil Baru Bunga Hanya 2,23 Persen

 


Sebelumnya, induk perusahaan MUF, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melaporkan telah menyalurkan kredit untuk pembelian 218 unit kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) senilai Rp 58 miliar hingga Juni 2022.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan penyaluran kredit EV ini dilakukan oleh dua anak usaha Bank Mandiri, yaitu PT Mandiri Tunas Finance dan PT Mandiri Utama Finance.

"Terkait pembiayaan EV, Bank Mandiri terus mengadakan program-program di anak perusahaan kami. Tentunya untuk otomotif financing ini yang tentunya akan menciptakan electric vehicle ecosystem," ujarnya saat konferensi pers Mandiri Sustainable Forum (MSF) 2022, Rabu (2/11/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com