Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHK Karyawan, GoTo Pastikan Tak Pengaruhi Layanan

Kompas.com - 18/11/2022, 14:34 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memastikan keputusan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.300 karyawan tidak memengaruhi layanan GoTo kepada konsumen, mitra pengemudi, merchants dan sellers.

"Keputusan ini tidak mempengaruhi layanan GoTo kepada konsumen serta komitmen perusahaan terhadap mitra pengemudi, merchants, dan sellers," demikian pernyataan resmi GoTo yang diterima Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Emiten teknologi ini menyatakan, alasan perampingan terhadap 1.300 karyawan ini karena tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan bagi para pelaku usaha di seluruh dunia termasuk GoTo.

Baca juga: GoTo Resmi Umumkan PHK 1.300 Karyawan

GoTo mengatakan, pihaknya perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan perusahaan menghadapi tantangan ke depan.

"Karena itu, perusahaan harus mengakselerasi upaya untuk menjadi bisnis yang berdikari secara finansial dan tumbuh secara sustainable dalam jangka panjang. Hal ini dilakukan antara lain dengan memfokuskan diri pada layanan inti, yaitu on-demand, e-commerce, dan financial technology," tulis GoTo.

GoTo menyebutkan, keputusan sulit ini tidak dapat dihindari agar perusahaan lebih cekatan dan mampu menjaga tingkat pertumbuhan sehingga terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

Manajemen juga memastikan, karyawan yang terdampak akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi.

GoTo juga memberikan sejumlah dukungan finansial, antara lain berupa tambahan satu bulan gaji, serta kompensasi pengganti periode pemberitahuan (notice in-lieu).

Selain itu, bagi karyawan terdampak berhak memiliki laptop yang saat ini mereka gunakan, mengakses berbagai program pelatihan, serta dapat bergabung ke direktori alumni GoTo, di mana perusahaan dapat memberikan rekomendasi kepada berbagai perusahaan dalam jaringan rekanan bisnis Grup GoTo.

"Tak hanya itu, ada fasilitas konseling karir, keuangan, dan psikologi akan tersedia sampai akhir bulan Mei 2023, GoTo juga memberikan dukungan pencarian kerja serta layanan konseling," tulis GoTo.

Baca juga: 1.300 Karyawan di-PHK, GoTo Pastikan Beri Kompensasi Sesuai Aturan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com