Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tangki BBM Terbakar di Cengkareng, Ini Penjelasan Pertamina

Kompas.com - 19/11/2022, 09:50 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) angkat bicara mengenai sebuah truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) yang terbakar di atas Jalan Outer Tol Ring Road Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Jumat (18/11/2022) malam.

Berdasarkan rekaman video yang diterima Kompas.com, terlihat api yang membakar truk tangki pengangkut BBM itu berkobar-kobar membumbung tinggi di atas jalan tol layang tersebut.

Menurut Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan truk tangki itu membawa produk BBM jenis Pertalite dengan nomor polisi B 9407 SEH. Truk mengalami kebakaran tepatnya pada pada pukul 21.56 WIB.

Baca juga: Mobil Tangki BBM Terbakar, Api Membumbung Tinggi di Tol Outer Ring Road Cengkareng

"Tidak ada korban dalam kejadian ini. Api telah berhasil dipadamkan dengan bantuan dari Damkar Jakarta Barat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/11/2022).

Ia mengatakan, terkait penyebab insiden masih dilakukan investigasi lebih lanjut oleh Pertamina bekerja sama dengan pihak aparat berwajib.

Eko pun memastikan, kejadian tersebut tidak akan mengganggu stok dan pasokan BBM untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kebutuhan BBM masyarakat tetap dapat terpenuhi dari SPBU-SPBU Pertamina terdekat," kata dia.

Sebelumnya, menurut Kepala Seksi Operasional Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Syarifudin, berdasarkan informasi yang dia terima, kebakaran terjadi setelah percikan api terlihat di dekat ban belakang truk.

"Infonya dari samping belakang ada percikan, sopir diberi tahu pengguna jalan lain bahwa ada percikan. Sopir terus menepikan kendaraan," tutur Syarifudin saat dikonfirmasi, Jumat malam.

Sementara itu, api berhasil dilokalisasi sekitar pukul 22.12 WIB. Lalu 24 menit kemudian, api berhasil dipadamkan secara menyeluruh dan dilakukan proses pendinginan hingga pukul 22.54 WIB.

"Sebanyak delapan unit mobil pemadam kebakaran beserta 40 personel dikerahkan untuk memadamkan api," ucapnya.

Baca juga: BBM Naik Jadi Salah Satu Pemicu Kenaikan Harga Beras

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com