Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Grab: Orang Indonesia Keluar Uang 54 Persen Lebih Banyak untuk Pesan-Antar Makanan

Kompas.com - 20/11/2022, 13:50 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab, lewat Laporan Grab: Tren Layanan Pesan-Antar Online di Indonesia 2022’ memotret tren belanja masyarakat di Indonesia baik dalam hal memesan makanan, berbelanja kebutuhan harian dan mencari hal baru.

Dalam laporan tersebut tercatat bahwa orang Indonesia keluar uang 54 Persen lebih banyak untuk pesan-antar makanan.

Adapun nilai belanja terbesar dalam satu pesanan di 2022 adalah sebanyak Rp 9,9 juta.

Baca juga: Masyarakat Gemar Belanja Online, Transaksi Digital Banking Tembus Rp 5.184 Triliun

“Optimisme konsumen Indonesia dalam menggunakan layanan pesan-antar online sebagai aktivitas keseharian mereka akan terus meningkat, seperti yang terjadi pada negara-negara lain di Asia Tenggara. Menurut laporan terbaru ini, popularitas layanan pesan-antar online, baik untuk makanan atau belanja harian, terus meningkat bagi masyarakat di tahun ini," ujar Head of Marketing, GrabFood and GrabMart, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe, dalam siaran persnya, Minggu (20/11/2022).

Menurut Hadi, kebiasaan baru bagi banyak anggota masyarakat tersebut menjadi kesempatan tambahan bagi brand dan pelaku bisnis lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen mereka di ranah online.

"Hal ini tentunya kembali menginspirasi kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman yang lebih baik di aplikasi Grab, guna menghadirkan fitur pencarian makanan yang lebih intuitif bagi pengguna serta terus mendukung pertumbuhan mitra merchant kami," ungkapnya.

Dalam laporan tersebut dipaparkan juga bahwa layanan pesan-antar online telah menjadi gaya hidup permanen masyarakat. Konsumen tidak hanya memesan lebih sering, tetapi juga menghabiskan lebih banyak uang untuk setiap pesanan.

Baca juga: Riset Google: Transaksi Belanja di E-Commerce Diproyeksikan Tumbuh 59 Miliar Dollar AS di 2022

Secara regional, pengeluaran bulanan untuk layanan pesan-antar makanan dan belanja harian meningkat sebesar 30 persen lebih tinggi di bulan Mei 2022 dibandingkan dengan November 2021.

Adapun konsumen yang paling sering menggunakan layanan pesan-antar adalah keluarga muda.

"82 persen keluarga muda dengan anak di Indonesia menggunakan layanan pesan-antar makanan lebih dari 8 kali dalam sebulan karena tidak ada waktu untuk memasak, tidak ingin mengantri, dan memiliki keinginan untuk menyenangkan keluarganya. Selain itu, 80 persen pasangan yang sama juga melakukan belanja harian online lebih dari 10 kali dalam sebulan karena kenyamanan dalam menelusuri produk secara online, mencari promosi khusus, dan menemukan berbagai produk baru," beber Hadi.

Sebagai informasi, laporan ini disusun berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kantar dan NielsenIQ untuk Grab di Singapura, Malaysia, Filipina, hingga Vietnam.

Adapun pengumpulan data dilakukan mulai dari Januari-September 2022.

Baca juga: Orang Kaya Belanja Barang Mewah, Pertumbuhan Ekonomi Ikut Terdongkrak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com