Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan CEO Ruangguru soal PHK Ratusan Karyawan, Akui Gagal Antisipasi Situasi Ekonomi

Kompas.com - 21/11/2022, 12:55 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Founder (pendiri) sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara, buka suara soal pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan pada Jumat (18/11/2022).

Hal itu disampaikan Belva melalui akun resmi Instagramnya @belvadevara. Pernyataan tersebut juga atas nama Co-founder Ruangguru Iman Usman.

Belva mengatakan, PHK ratusan karyawan tersebut merupakan keputusan yang berat. Ia mengucapkan permohonan maaf atas kegagalannya mengantisipasi situasi ekonomi.

"Kemarin kami mengumumkan keputusan terberat yang harus kami ambil. Dengan berat hati, Ruangguru harus berpisah dengan ratusan anggota tim terbaiknya melalui pemutusan hubungan kerja. Kami meminta maaf atas kegagalan kami dalam memprediksi dan mengantisipasi situasi ekonomi yang berkembang cepat," kata Belva dalam akun resmi Instagramnya @belvadevara dikutip Senin (21/11/2022).

Baca juga: Susul Shopee dan GoTo, Ruangguru PHK Ratusan Karyawannya

Belva mengatakan, pada awal pandemi Covid-19, layanan Ruangguru mengalami peningkatan permintaan yang besar sehingga rekrutmen dilakukan terlalu besar.

Sementara itu, kata dia, situasi ekonomi global belakangan memburuk secara drastis dan berada di titik terendah dalam puluhan tahun terakhir.

Hal ini, lanjut Belva, dilihat dari tingginya angka inflasi dan kenaikan suku bunga yang membuat iklim investasi dunia memburuk secara signifikan dan berdampak luas kepada komunitas startup teknologi global, termasuk Ruangguru.

"Tim Ruangguru yang berpisah dengan kami, adalah talenta terbaik dan merupakan kehormatan besar bagi kami pernah bekerja bersama teman-teman. Apa yang dikontribusikan selama ini, insya Allah dampaknya akan terus mengalir dirasakan oleh jutaan pelajar," ujarnya.

Baca juga: Ruangguru: Karyawan yang Terkena PHK Sudah Dapat Pesangon Sesuai Ketentuan UU

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adamas Belva Syah Devara (@belvadevara)

Karyawan kena PHK dipastikan dapat pesangon

Belva memastikan, karyawan Ruangguru yang terkena PHK memperoleh pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai aturan perundang-undangan.

Selain itu, ratusan karyawan terkena PHK mendapatkan perpanjangan asuransi dan gaji bulan terakhir bekerja yang dibayarkan penuh.

"Kami pun mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus untuk memberikan dukungan pencarian perkerjaan, konsultasi psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan," tuturnya.

Baca juga: Daftar 14 Perusahaan Teknologi yang Lakukan PHK Massal pada 2022

Lebih lanjut, Belva mengatakan, meski dilanda gelombang PHK, pihaknya tetap optimistis dengan prospek dan posisi sebagai sektor teknologi pendidikan terbesar di Indonesia.

"Hari ini, kita masih tetap menjadi platform belajar online terbesar dan terus melakukan berbagai inovasi pascapandemi, seperti fokus pada hybrid learning dan pembukaan 100 learning centers di Indonesia. Kami yakin dengan terus bekerja secara efektif dan efisien, kita akan keluar dari tantangan ekonomi global ini lebih kuat dan tangguh dari sebelumnya," ucap dia.

Baca juga: Cara Menghitung Pesangon PHK Karyawan Tetap 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com