Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaring Wisatawan, 20 Event Wisata Digelar di Sumenep Sepanjang 2023

Kompas.com - 21/11/2022, 18:08 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemkab Sumenep Jawa Timur dalam waktu dekat akan merilis kalender wisata 2023. Bupati Sumenep Achmad Fauzi membocorkan sejumlah agenda event wisata yang dipastikan akan didatangi banyak wisatawan.

Menurut dia, ada sekitar 20 event wisata yang akan digelar di Kabupaten Sumenep sepanjang 2023, meliputi wisata alam dan budaya lokal Sumenep.

"Di antaranya ada fun bike Pulau Oksigen, maraton beach hingga festival budaya Tong Tong," kata Achmad Fauzi di Surabaya, Senin (21/11/2022).

Dia yakin, funbike pulau oksigen akan banyak digelamari wisatawan, karena acara tersebut tidak pernah ada sebelumnya. "Rute funbike ada di Pulau Gili Iyang, pulau yang punya kualitas oksigen sangat tinggi," jelas Achmad Fauzi.

Dikutip dari Indonesia.go.id, Air Visual, sebuah aplikasi pencatat kualitas udara kemudian menempatkan Air Quality Index (AQI) Gili Iyang hanya satu tingkat di bawah kadar oksigen di Laut Mati, Jordania.

Kedua daerah ini kemudian dinobatkan sebagai daerah dengan kadar oksigen terbaik di dunia.

Baca juga: Kampanye Pariwisata Visit Sumenep, Semua Ruang Publik Dicat Penuh Warna

Sementara agenda wisata Maraton Beach kata Fauzi, adalah agenda olahraga yang juga mempromosikan wisata pantai daerah paling timur pulau Madura tersebut.

Ada sejumlah wisata pantai di Sumenep menurut dia yang tidak kalah indah dengan destinasi pantai di daerah lain, seperti Pantai Sembilan, pantai Salopeng, pantai Lombang, hingga pantai Kasogi.

Achmad Fauzi yang juga politisi PDI Perjuangan itu menyebut ada sekitar 20 agenda wisata Sumenep pada 2023. Selain Maraton Beach dan Funbike Pulau Oksigen, juga ada diantaranya festival Tong Tong, Sumenep Culture, hingga festival UMKM.

Baca juga: Menaker: Wisatawan Meningkat, Pekerja yang Kena PHK Bisa Kembali Kerja

Kabupaten Sumenep sendiri punya beragam destinasi wisata alam, bahari, maupun budaya yang terus dikembangkan.

Tahun ini, salah satu destinasi wisata budaya yakni Desa Aeng Tongtong dinobatkan sebagai Juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kategori Daya Tarik Pengunjung.

Sebagai daerah tujuan wisata di Jawa Timur, Kabupaten Sumenep terus mengembangkan infrastruktur pendukung diantara hotel tempat menginap para wisatawan.

"Saat ini dalam proses pembangunan, 2 hotel bintang 4. Yang sudah ada di Sumenep hotel bintang 3 plus," lanjut Achmad Fauzi.

Dia optimistis 2023 kunjungan wisatawan ke Sumenep akan kembali normal usai diterpa badai Pandemi Covid-19 dan menargetkan kunjungan wisata ke daerahnya mencapai 300.000 kunjungan sepanjang 2023.

"Insya Allah, mulai tahun depan jumlah wisata Sumenep akan kembali bergeliat, bahkan meningkat dibanding sebelum Covid-19," harap Achmad Fauzi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com