Zulhas: Keakraban Jokowi dengan Pangeran UEA Buka Jalan Hubungan Dagang

Kompas.com - 22/11/2022, 10:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyempatkan diri shalat maghrib di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta (Solo), setelah sebelumnya menjalankan beberapa agenda Kementerian di Solo, pada Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut kata Zulhas, sapaan akrabnya, hadirnya Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta ini menjadi bukti hubungan billateral Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) semakin erat dan semakin baik. Ini juga menurutnya akan berdampak terhadap hubungan dagang antara Indonesia dengan UEA.

"Kedua presiden berhubungan baik, hubungan billateral kedua negara baik, ini Pak Presiden sudah membuka jalan yang sangat penting bagi hubungan dagang kita dengan UEA," katanya melalui pernyataan tertulis, dikutip Selasa (22/11/2022).

Baca juga: 3 Jam Presiden UEA di Solo, Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed hingga Mampir ke Rumah Jokowi

Mantan Ketua MPR ini bilang, saat ini Kementerian Perdagangan sedang menyusun rencana Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan UEA.

"Sekarang masih dibahas di DPR, tapi prinsipnya kedua negara, sudah sama-sama sepaham ingin menjalin kerja sama lebih erat," ucap Zulhas.

Selain itu, Zulhas berujar bahwa warga Solo sangat beruntung karena hubungan baik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden UEA bisa mendatangkan manfaat bagi umat.

Baca juga: Perjanjian Dagang RI-UEA, Mendag: Buka Pintu Ekspor ke Kawasan Teluk dan Timur Tengah

 


Dirinya pun tak ketinggalan memuji arsitektur Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta yang sangat indah. Menurut Zulhas, masjin tersebut seperti miniatur atau versi lebih kecil dari Masjid Putih atau Sheik Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, pada 14 November 2022. Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed tersebut merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab untuk Presiden.

Baca juga: Erick Thohir Sebut UEA Tertarik Tingkatkan Kerja Sama Sektor Kesehatan hingga Energi di Indonesia

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.