Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulhas: Keakraban Jokowi dengan Pangeran UEA Buka Jalan Hubungan Dagang

Kompas.com - 22/11/2022, 10:47 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyempatkan diri shalat maghrib di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta (Solo), setelah sebelumnya menjalankan beberapa agenda Kementerian di Solo, pada Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut kata Zulhas, sapaan akrabnya, hadirnya Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta ini menjadi bukti hubungan billateral Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) semakin erat dan semakin baik. Ini juga menurutnya akan berdampak terhadap hubungan dagang antara Indonesia dengan UEA.

"Kedua presiden berhubungan baik, hubungan billateral kedua negara baik, ini Pak Presiden sudah membuka jalan yang sangat penting bagi hubungan dagang kita dengan UEA," katanya melalui pernyataan tertulis, dikutip Selasa (22/11/2022).

Baca juga: 3 Jam Presiden UEA di Solo, Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed hingga Mampir ke Rumah Jokowi

Mantan Ketua MPR ini bilang, saat ini Kementerian Perdagangan sedang menyusun rencana Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan UEA.

"Sekarang masih dibahas di DPR, tapi prinsipnya kedua negara, sudah sama-sama sepaham ingin menjalin kerja sama lebih erat," ucap Zulhas.

Selain itu, Zulhas berujar bahwa warga Solo sangat beruntung karena hubungan baik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden UEA bisa mendatangkan manfaat bagi umat.

Baca juga: Perjanjian Dagang RI-UEA, Mendag: Buka Pintu Ekspor ke Kawasan Teluk dan Timur Tengah

 


Dirinya pun tak ketinggalan memuji arsitektur Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta yang sangat indah. Menurut Zulhas, masjin tersebut seperti miniatur atau versi lebih kecil dari Masjid Putih atau Sheik Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, pada 14 November 2022. Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed tersebut merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab untuk Presiden.

Baca juga: Erick Thohir Sebut UEA Tertarik Tingkatkan Kerja Sama Sektor Kesehatan hingga Energi di Indonesia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com