Fenomena PHK Perusahaan Teknologi, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 22/11/2022, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di sejumlah perusahaan teknologi, mulai dari PT Shopee Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, hingga PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru.

GoTo melakukan PHK terhadap 1.300 pekerjanya atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap. Pengumuman PHK GoTo ini disampaikan CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam pertemuan town hall pada Jumat (18/11/2022).

Sedangkan Ruangguru mengaku mem-PHK ratusan karyawannya dengan alasan ketidakpastian ekonomi global yang akhirnya berdampak terhadap perusahaan.

Sementara menurut sumber internal Shopee Indonesia, PHK dilakukan terhadap sekitar 3 persen dari total karyawan. Namun, sumber enggan menyebutkan jumlah karyawan Shopee Indonesia saat ini.

Baca juga: Penjelasan CEO Ruangguru soal PHK Ratusan Karyawan, Akui Gagal Antisipasi Situasi Ekonomi

Lalu apa yang menjadi penyebab dari fenomena PHK massal di perusahaan teknologi?

Menurut Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda, kondisi PHK tersebut sangat erat kaitannya dengan kondisi perekonomian global dan domestik, di mana terjadi kenaikan inflasi yang direspons bank-bank sentral dengan kenaikan tingkat suku bunga.

Kenaikan tingkat suku bunga itu menyebabkan biaya pinjaman menjadi mahal, investasi pun akan menurun dan konsumsi juga akan melemah.

"Akibatnya kemampuan perusahaan untuk ekspansi akan melemah, beban perusahaan akan tambah, dan akan membuat perusahaan melakukan efisiensi. Salah satunya dengan melakukan PHK," ungkap Nailul kepada Kompas.com dikutip Selasa (22/11/2022).

Ia menjelaskan, fenomena PHK massal oleh perusahaan tekonologi juga terjadi di Amerika Serikat (AS), seperti yang dilakukan Amazon dan Meta. Bank sentral AS sudah menaikkan suku bunga sebanyak 375 basis poin di sepanjang 2022.

Sementara di dalam negeri, Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 175 basis poin di sepanjang tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.