Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otorita IKN Akan Berkantor di Balikpapan pada Akhir November 2022

Kompas.com - 22/11/2022, 14:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan berkantor di Balikpapan, Kalimantan Timur mulai akhir November 2022.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Bappenas sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Hukum dan Kelembagaan Pemindahan IKN Kementerian PPN/Bappenas, Diani Sadiawati dalam sosialisasi IKN Nusantara secara virtual, Selasa (22/11/2022).

"Alhamdulillah akhir bulan ini sudah ada kantor di Balikpapan, kantor otorita IKN Nusantara resmi berkantor di Balikpapan, mudah-mudahan akan segera di-launching oleh Kepala Otorita IKN Nusantara," kata Diani.

Baca juga: Percepat Pembangunan IKN Nusantara, Pemerintah Permudah Izin Investasi

Diani mengatakan, keberadaan kantor Kepala Otorita IKN Nusantara di Balikpapan ini diharapkan dapat mempermudah komunikasi antar pihak terkait.

Ia mengatakan, tata kerja Otorita IKN Nusantara akan semakin baik dengan diangkatnya 5 deputi.

"Untuk itu dan diharapkan akhir tahun 2022 otorita dapat beroperasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Diani mengatakan, pengelolaan IKN Nusantara paling unik di dunia karena  Otorita IKN merupakan lembaga setingkat l kementerian, namun juga sebagai pemerintah daerah khusus.

Baca juga: BI Bersiap Pindah ke IKN Tahun Depan


Ia juga mengatakan, otorita IKN Nusantara mempunyai anggaran pendapatan dan belanja yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 20 persen atau Rp 446 triliun.

"Dan sisanya memang diminta pada otorita IKN mencari sumber-sumber lain dari hasil kerja sama KPBU dengan swasta dan semuanya ini dalam pembangunan harus mengacu pada rencana induk tentunya," ucap dia.

Baca juga: Proyek Hunian Pekerja Konstruksi IKN Nusantara Rampung 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com