Otorita IKN Akan Berkantor di Balikpapan pada Akhir November 2022

Kompas.com - 22/11/2022, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan berkantor di Balikpapan, Kalimantan Timur mulai akhir November 2022.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Bappenas sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Hukum dan Kelembagaan Pemindahan IKN Kementerian PPN/Bappenas, Diani Sadiawati dalam sosialisasi IKN Nusantara secara virtual, Selasa (22/11/2022).

"Alhamdulillah akhir bulan ini sudah ada kantor di Balikpapan, kantor otorita IKN Nusantara resmi berkantor di Balikpapan, mudah-mudahan akan segera di-launching oleh Kepala Otorita IKN Nusantara," kata Diani.

Baca juga: Percepat Pembangunan IKN Nusantara, Pemerintah Permudah Izin Investasi

Diani mengatakan, keberadaan kantor Kepala Otorita IKN Nusantara di Balikpapan ini diharapkan dapat mempermudah komunikasi antar pihak terkait.

Ia mengatakan, tata kerja Otorita IKN Nusantara akan semakin baik dengan diangkatnya 5 deputi.

"Untuk itu dan diharapkan akhir tahun 2022 otorita dapat beroperasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Diani mengatakan, pengelolaan IKN Nusantara paling unik di dunia karena  Otorita IKN merupakan lembaga setingkat l kementerian, namun juga sebagai pemerintah daerah khusus.

Baca juga: BI Bersiap Pindah ke IKN Tahun Depan


Ia juga mengatakan, otorita IKN Nusantara mempunyai anggaran pendapatan dan belanja yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 20 persen atau Rp 446 triliun.

"Dan sisanya memang diminta pada otorita IKN mencari sumber-sumber lain dari hasil kerja sama KPBU dengan swasta dan semuanya ini dalam pembangunan harus mengacu pada rencana induk tentunya," ucap dia.

Baca juga: Proyek Hunian Pekerja Konstruksi IKN Nusantara Rampung 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.