Berapa Liter dalam Satu Galon? Ini Cara Menghitungnya

Kompas.com - 22/11/2022, 14:25 WIB

KOMPAS.com - Berapa liter dalam satu galon? Meski terlihat sepele, pertanyaan berapa liter air dalam satu galon mungkin cukup sering ditanyakan banyak orang.

Di Indonesia sendiri, galon kerap diidentikan dengan tempat berbentuk tabung untuk mengisi ulang air mineral, padahal sejatinya jika bicara galon sebagai volume, memiliki arti yang berbeda.

Berapa liter dalam satu galon?

Untuk menentukan berapa liter dalam satu galon, kita harus mengetahui terlebih dahulu satuan galon yang akan digunakan.

Di dunia, setidaknya ada dua jenis ukuran galon yang paling umum digunakan, yakni galon ukuran standar Inggris (UK) dan galon ukuran standar Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Apakah 1 Ons 100 Gram?

Jika menggunakan standar AS, berapa liter dalam satu galon setara dengan 3,78541 liter. Sementara dalam satuan galon Inggris, berapa liter dalam satu galon adalah sama dengan 4,54609 liter.

Istilah galon sendiri merujuk pada satuan ukuran, bukan merupakan nama benda seperti galon air mineral sebagaimana istilah yang umum dipakai di Indonesia. Sementara satu galon air mineral di Indonesia biasanya setara dengan lima galon di AS.

Sementara apabila dikonversi menjadi liter, misalnya saja satu galon merek Aqua setara dengan 19 liter air. Dengan demikian, jawaban berapa liter dalam satu galon berbeda di setiap negara.

Dikutip dari laman Science Trends, liter adalah satuan volume dalam sistem metrik atau sistem pengukuran standar internasional.

Seperti yang Anda ketahui, volume satu liter dianggap sama dengan 1000 cm³ atau satu desimeter kubik. Ada 1000 cm dalam satu desimeter.

Cara menjawab berapa liter dalam satu galon harus menggunakan konversi, di mana berapa liter air dalam satu galon sebenarnya bisa memakai standar AS atau Inggris.Dok Li Minerale Cara menjawab berapa liter dalam satu galon harus menggunakan konversi, di mana berapa liter air dalam satu galon sebenarnya bisa memakai standar AS atau Inggris.

Baca juga: 1 Kg Berapa Ons? Begini Cara Hitungannya

Liter awalnya didefinisikan sebagai volume yang dimiliki oleh 1 kg air pada tekanan standar dan kepadatan puncak. Itu sebabnya, 1 liter air dengan kepadatan maksimal biasanya memiliki berat 1 kg.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.