Kemenko Marves Serahkan Bantuan Alat Kesehatan dan Obat-obatan untuk Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 23/11/2022, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana gempa Cianjur melalui Pemerintah Daerah, pada Selasa (22/11/2022).

Penyerahan bantuan diwakili oleh Sesmenko Marves, Ayodhia G.L. Kalake beserta tim yang hadir secara langsung di Kantor Bupati Cianjur kepada Bupati Cianjur Herman Suherman dan jajarannya.

"Sesuai arahan Pak Menko Luhut, kami diminta segera bergerak untuk memberikan bantuan yang bermanfaat bagi penanganan korban gempa," tuturnya melalui siaran pers Kemenko Marves.

Baca juga: Tinjau Longsor di Jalan Nasional Cianjur-Puncak, Menteri PUPR: Insya Allah Siang Ini Bisa Dilalui

Kemenko Marves menyalurkan bantuan berupa alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang diharapkan dapat membantu pemulihan para korban bencana gempa.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman menyambut baik bantuan yang diberikan oleh Kemenkp Marves. Pihaknya mengatakan hingga saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan di lokasi yang terdampak gempa.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, gempa 5,6 skala ritcher telah mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur pada 21 November, sehingga menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan, tanah longsor serta menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Menteri Basuki Tinjau Dampak Gempa Cianjur, PUPR: Sesuai Perintah Presiden Jokowi


Kepala Badan Meteoriologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebutkan, gempa M 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merupakan kejadian ulangan 20 tahun silam.

Menurut dia, berdasarkan kajian BMKG, gempa yang mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya itu merupakan gempa dengan siklus 20 tahunan. Dwikorita menjelaskan, kejadian serupa bisa terulang lagi di 20 tahun ke depan, sehingga prediksi ini harus benar-benar menjadi perhatian semua pihak.

Baca juga: Erick Thohir Terjunkan Satgas Bencana ke Cianjur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.