Bareskrim Kejar Anak Bungsu Pemilik Wanaartha Life, Kantongi Aset Rp 1,4 Triliun

Kompas.com - 23/11/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tengah mengejar aset senilai Rp 1,4 triliun yang dikantongi oleh anak bungsu dari pemilik PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life)

Kepala Sub Direktorat Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Bareskrim Polri Kombes Pol Ma'mun menyampaikan, saat ini pihaknya tengah berupaya mencari anak bungsu dari salah satu pemilik Wanaartha Life yang berada di luar negeri.

"Anaknya yang paling kecil punya rekening sebesar Rp 1,4 triliun. Anaknya tuh, masih kami kejar sampai red notice itu bisa keluar, Insya Allah bisa keluar," kata Ma'mun dalam Sosialisasi Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal, dikutip dari Youtube IPB TV Rabu, (23/11/2022).

Baca juga: OJK Tolak Pengunduran Diri Direksi dan Komisaris Wanaartha Life, Ini Alasannya

Ma'mun menambahkan, Bareskrim Polri sangat berharap Biro Investigasi Federal (FBI) bisa mengabulkan permintaan red notice tersebut.

Pasalnya, anak bungsu pemilik Wanaartha Life ini memiliki dua paspor yakni Amerika Serikat dan Indonesia.

"Mudah-mudahan FBI mengabulkan, karena dia punya dua kewarganegaraan, lahir di Amerika, tapi punya paspor Indonesia," imbuh Ma'mun.

"Siapa yang salah? Tidak tahu yang salah. Saya tidak mau ngomong siapa yang salah. Yang jelas, ada hal yang tidak benar dalam pengelolaan tersebut," urai dia.

Baca juga: Bola Salju Kasus Gagal Bayar Wanaartha Life, Bakal Berakhir Bangkrut dan Pailit?

 


Ma'mun menjelaskan, pencarian simpanan ini menyangkut dengan total dana kelolaan Wanaartha Life yang mencapai Rp 17 triliun.

Lebih lanjut, Ma'mun bilang kasus Wanaartha Life ini masuk ke dalam jenis kasus yang dilakukan lembaga legal, tetapi memasarkan produk yang ilegal .

Ia menjabarkan, kasus investasi ilegal yang menyangkut lembaga legal dengan produk yang ilegal misalnya yang terjadi juga pada Fikasa, Jouska, Kresna Life, dan Mina Padi.

Baca juga: Penyidik Bareskrim Geledah Kantor Pusat Wanaartha Life, Ini Penjelasan Perusahaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.