Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III-2022, AAJI Catat Klaim Terkait Covid-19 Capai Rp 10 Triliun

Kompas.com - 24/11/2022, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, industri asuransi jiwa masih terus membayar klaim dan manfaat terkait Covid-19.

Ketua Bidang Operasional Excellence, IT & Digital Customer Centricity AAJI Edy Tuhirman menjelaskan, industri asuransi jiwa telah membayar klaim dan manfaat terkait Covid-19 sebanyak Rp 10 triliun sejak Maret 2020 hingga kuartal III-2022.

Angka tersebut masih terus menunjukkan peningkatan sepajang tahun sejak kuartal I-2022. Sepanjang semester I-2022, pembayaran klaim dan manfaat terkait Covid-19 telah mencapai Rp 9,72 triliun.

Baca juga: AAJI Catat Total Tertanggung Industri Asuransi Jiwa 80,85 Juta Orang di Kuartal III-2022

Sedangkan, sepanjang kuartal I-2022, angka pembayaran klaim dan manfaat terkain Covid-19 telah mencapai kurang lebih Rp 9 triliun.

Sementara, berdasarkan data dari AAJI industri asuransi jiwa baru membayarkan klaim terkait Covid-19 sebesar Rp 8,82 triliun pada akhir tahun 2021.

Sebagai catatan, klaim dan manfaat terkait Covid-19 merupakan gabungan dari beberapa jenis klaim.

"Klaim Covid-19 merupakan kombinasi antara klaim meninggal, klaim kesehatan dan hal yang berkaitan dengan manfaat selama masa pandemi Covid-19," ujar dia dalam konferensi pers laporan kinerja industri asuransi jiwa kuartal III-2022.

Baca juga: AAJI Catat Premi Industri Asuransi Jiwa Rp 143,75 Triliun di Kuartal III-2022

Secara keseluruhan klaim asuransi jiwa memang sedang mengalami pertumbuhan. Industri asuransi jiwa telah membayar klaim dan manfaat sebesar Rp 128,09 triliun sampai kuartal III-2022.

Perlu diketahui, pembayaran klaim dan manfaat pada kuartal III-2022 ini tumbuh 7,8 peren secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 118,84 triliun.

Klaim dan manfaat tersebut di berikan kepada 8,36 juta orang penerima.

Baca juga: AAJI: Asuransi Bakal Prioritaskan Klaim Korban Bencana Gempa Cianjur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+