Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mentan SYL Lepas Bantuan Senilai Rp 2,69 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 24/11/2022, 13:59 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Kamis (24/11/2022).

Bantuan yang dikirim dari dari Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel) tersebut langsung diserahkan ke lokasi bencana.

Adapun total bantuan kemanusiaan yang terkumpul sejumlah Rp 2,69 miliar dalam bentuk bahan pangan, berupa beras, minyak goreng, air mineral, telur, margarin, biskuit, dan makanan bayi, serta baju layak pakai.

Rencananya, Mentan SYL bersama beberapa pejabat Eselon I lingkup Kementan juga akan meninjau areal pertanian yang terdampak gempa.

Pada kesempatan tersebut, SYL menyampaikan bahwa bencana gempa di Cianjur merupakan tanggung jawab bersama yang menguji rasa nasionalisme dan ketakwaan keberagamaan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Silang Data Stok Beras Kementan Vs Bapanas dan Bulog yang Berujung Rencana Impor

"Terima kasih kepada asosiasi-asosiasi serta mitra Kementan. Utamanya, seluruh jajaran pegawai Kementan yang turut merasakan bagaimana musibah yang sedang dialami saudara-saudara kita di Cianjur dengan bentuk bantuan kemanusiaan ini," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Menurut SYL, kepedulian dan perhatian tersebut merupakan bentuk perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam menjalani hidup berbangsa dan bernegara.

"Hari ini, Kamis (24/11/2022), kita tunjukkan sebagai umat beragama, sebagai sesama anak bangsa. Jangan dilihat dari kecil-besarnya bantuan, tapi bagaimana ketulusan dan kepedulian kita semua untuk meringankan kesedihan mereka. Dan yang penting, mereka tidak merasa sendiri, karena ada kita semua yang siap membantu," tutur SYL.

Kementan bersama mitra, lanjut dia, selalu hadir dalam setiap bencana. Menurut SYL, hal ini merupakan bentuk hadirnya negara di tengah penderitaan rakyat.

Baca juga: Amanat Penderitaan Rakyat Kalasey Dua

Sementara itu, CEO PT Salim Ivomas Pratama Tbk Johnny Ponto selaku perwakilan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyampaikan doa kepada korban dan warga di Cianjur agar diberikan kekuatan dan kesabaran.

"Kami dari GAPKI turut prihatin dan berharap apa yang disampaikan Bapak Menteri SYL tadi, warga Cianjur lebih baik lagi kondisinya. Kami turut berpartisipasi menyediakan air mineral, biskuit, dan makanan anak-anak. Menurut kami, bantuan ini sangat dibutuhkan warga di sana," jelas.

Sebagai informasi, menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Rabu (23/11/2022), korban meninggal dunia dalam gempa Cianjur berjumlah 271 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com