Kenapa Banyak Bandara Sepi Maskapai? Ini Penjelasan Menhub

Kompas.com - 24/11/2022, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi V DPR Lasarus mempertanyakan banyak bandara di Indonesia yang belum menyediakan layanan penerbangan karena tidak tersedianya maskapai.

Lasarus mempertanyakan kendala yang dihadapi pemerintah terkait masih banyak bandara yang belum menyediakan layanan penerbangan.

"Ini persoalan dari sisi Kemenhub menyiapkan infrastruktur cukup, bandara cukup, yang jadi masalah enggak ada pesawat yang terbang, apa kendalanya ini? Kenapa enggak ada yang mau investasi di bandara yang susah siap," kata Lasarus dalam rapat kerja bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini, jumlah pesawat di Indonesia berkurang bahkan tak sampai 50 persen.

Baca juga: Soal Insentif Kendaraan Listrik, Menhub: Formatnya Lagi Dipikirkan, Kita Tak Ingin Salah Tempat

"Memang pesawat ini adalah masalah global. Pesawat yang ada di Indonesia ini berkurang lebih dari 600 sekarang ini tidak sampai 300. Jadi jumlahnya enggak sampai 50 persen sehingga terjadi kekurangan," kata Budi.

Sementara terkait dengan harga tiket pesawat yang mahal, Budi mengatakan, hal tersebut disebabkan karena biaya leasing atau sewa dan harga avtur yang naik.

"Karena 60 persen biaya dari pada pesawat itu adalah yang namanya leasing (sewa) pesawat dan avtur 60 persen. Avtur naik leasing juga naik sekarang sudah banyak. Ini karena kondisi global," ujarnya.

Budi mengatakan, pihaknya berupaya menekan harga tiket pesawat dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memberikan subsidi.

Selain itu, untuk bandara-bandara yang belum dilirik maskapai, Kemenhub mengundang beberapa maskapai agar berminat untuk membuka penerbangan ke daerah-daerah kecil.

"Ada 4 titik yang sudah kita lakukan intensif dan sosialisasi selain Toraja, Selampari di Sumsel, Banjarnegara, itu kita ajak pemda untuk sharing," ucap dia.

Baca juga: Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umrah Perdana Usai Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.