Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Cabang ke-57 di Kaltim, KSP Kopdit Pintu Air dari NTT Targetkan 1 Juta Anggota pada 2025

Kompas.com - 25/11/2022, 07:30 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air asal Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), terus melebarkan sayap hingga 20 provinsi di Indonesia.

Kali ini, Kopdit Pintu Air membuka Kantor Cabang KSP Kopdit Pintu Air ke-57 di Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air Yakonus Jano bercerita, lembaga yang awalnya dimulai 40 orang warga kampung di Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, NTT akhirnya juga bisa hadir dan melayani masyarakat kabupaten Kutai Timur setelah 27 tahun berkiprah.

Pilihan ke Kutai Timur kata dia, karena daerah itu adalah daerah yang kaya rasa dari sisi potensi sumber daya alam yang bisa digerakan secara lebih bijak dan cerdas menjadi kekutan untuk mengangkat hajat hidup orang banyak melalui koperasi kredit.

“Daerah ini sekilas terlihat kaya raya, luas dan sangat berpotensi untuk dikolaborasi bersama pemerintah daerah dan para pihak termasuk gerakan koperasi kredit untuk memberi ruang kepada masyarakat berusaha, membangun ekonomi keluarga melalui akses pembiayaan berbunga murah dan jauh dari rentenir,” ujar Yakobus, melalui keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Penggelapan Dana Anggota KSP Sejahtera Bersama, 2 Orang Ditetapkan sebagai Tersangka

Menurut dia, hanya dengan koperasi maka derajat kehidupan warga lokal terangkat, diakui, diberi ruang dan kepercayaan luas untuk mengelola ekonomi sendiri melalui wadah ini, karena wadah ini adalah milik anggota.

“Koperasi itu pemiliknya adalah anggota dan kami ini hanya menjadi pelayan yang siap membantu memfasilitasi keperluan anggota yang adalah pemilik lembaga ini menjadi orang kaya, kaya jasamani dan rohani,” lanjutnya. 

Ia menambahkan, dengan dukungan warga Kutai Timur, koperasinya bisa mencapai 1 juta anggota pada tahun buku 2025.

Baca juga: Koperasi Butuh Regulasi Baru, DPR RI: Kami Percepat

Yakobus yang juga mantan karyawan sebuah bank nasional itu menjelaskan selama 27 tahun bersama Pintu Air, sudah ada 335.550 orang yang telah menjadi anggota tersebar di 57 kantor cabang di 20 provinsi di Indonesia dengan total aset saat ini Rp 1,7 triliun lebih.

Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang menyambut baik pembukaan cabang ke-57 koperasi kredit Pintu Air di wilayahnya.

Ia mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi bersama untuk memajukan ekonomi warga lokal.

“Silakan sampaikan kepada kami apa yang bisa kita kolaborasikan untuk demi masyarakat kita yang lebih baik, maju dan sejahtera ke depan bersama Koperasi ini," kata Kasmidi.

Baca juga: Ada Dorongan Pengawasan Koperasi Dilakukan OJK, Ini Alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+