Kompas.com - 25/11/2022, 09:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi perdagangan Jumat (25/11/2022) hari ini dibuka menguat tipis. Namun, indeks bursa saham nasional langsung melemah.

Melansir data RTI, IHSG dibuka menguat tipis 0,03 poin persen ke posisi 7.080,55. Setelah itu, IHSG langsung tertekan, di mana pada pukul 09.25 WIB IHSG melemah 17,80 poin atau 0,25 persen ke 7.062,71.

Statistik mencatat, 208 saham menguat, 208 melemah, dan 200 lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 1,75 triliun dengan volume 5,06 miliar saham.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukan, 8 dari 11 indeks sektoral melemah, di mana sektor energi mencatat koreksi paling dalam, yakni sebesar 0,6 persen. Di sisi lain, sektor properti masih menguat 0,37 persen.

Koreksi IHSG mengekor mayoritas bursa Asia lain, di mana Nikkei turun 0,35 persen, Hang Seng Hong Kong ambles 1,01 persen, Strait Times terkoreksi 0,21 persen, sementara Shanghai Komposit menguat 0,44 persen.

Baca juga: Reli IHSG Berpotensi Berlanjut, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Sebelumnya, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, IHSG berpotensi bergerak stagnan atau sideways pada hari ini. Menurutnya, indeks saham akan bergerak pada rentang 6.921-7.152.

Menurutnya, perjalanan IHSG di akhir pekan masih terlihat cenderung terkonsolidasi dengan potensi tekanan yang mulai menurun. Peluang naik mulai terlihat walaupun masih berada dalam rentang terbatas. 

"Jika IHSG berhasil ditutup dan dipertahankan diatas resisten level terdekat maka peluang kenaikan jangka pendek masih terbuka lebar, namun sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga penghujung tahun," ucapnya.

Baca juga: Melihat Dampak Euforia Piala Dunia ke Pasar Saham Indonesia

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.