Kompas.com - 25/11/2022, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO UOB Asset Management Indonesia Ari Adil berbagi tips berinvestasi untuk generasi muda Indonesia yang sejak pandemi Covid-19 mulai menyadari pentingnya berinvestasi.

Pasalnya dengan berinvestasi berarti memiliki proteksi untuk menghadapi kondisi yang tiba-tiba memburuk seperti pandemi Covid-19.

Terlebih, saat ini berinvestasi sangat mudah melalui platform-platform digital. Generasi muda pun dapat dengan mudah mempelajari investasi dari sumber-sumber informasi yang bisa didapatkan secara daring.

"Terbukti Desember 2020 itu investor pasar modal atau reksa dana 3,7 juta tapi sekarang reportnya KSEI angka Juni itu 5,7 juta, jadi hampir dua kali lipatnya. Jadi itu terbukti bahwa pada saat pandemi itu orang memang ingin sekali berinvestasi," ujarnya saat acara UOB Wealth Fair 2022 di Mal Gandaria City, Jakarta, Kamis (25/11/2022).

Baca juga: Temuan OJK: Makin Banyak yang Investasi ke Pasar Modal, tapi Tidak Makin Ngerti...

Namun, peningkatan jumlah investor ini harus diiringi dengan edukasi mengenai investasi. Sebab, investasi tidak akan berjalan baik jika dilakukan dengan asal-asalan tanpa ilmu yang mumpuni.

Untuk itu, Ari memberikan beberapa tips dasar bagi generasi muda yang ingin memulai berinvestasi. Berikut tips-tips dari Ari:

Baca juga: Simak 5 Ciri Penipuan Berkedok Investasi dari OJK

 


1. Memiliki tujuan investasi dan mengetahui profil risiko

Ari mengatakan, saat memulai investasi tentu seorang investor perlu memiliki tujuan investasi agar memudahkan menentukan instrumen investasi yang akan digunakan.

Setelah mengetahui tujuan, maka generasi muda dapat mengetahui jangka waktu investasi dan seperti apa profil risikonya.

"Kalau misalkan kita punya tujuan investasi jangka waktunya masih panjang, kita bisa mengambil investasi yang memiliki risiko yang tinggi dibandingkan kalau kita ingin memiliki investasi dengan tujuan dalam jangka waktu yang pendek," kata dia.

Baca juga: Tingkatkan Edukasi Masyarakat Berinvestasi, UOB Gelar Wealth Fair 2022

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.