Inggris Jajaki Kerja Sama Peluang Investasi Bangun Infrastruktur di IKN Nusantara

Kompas.com - 25/11/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan, Inggris siap mendukung Indonesia dalam proyek Ibu Kota Negara (IKN Nusantara), terutama pembangunan berkelanjutan yang ramah terhadap iklim.

Jenkins mengatakan, Inggris telah memberikan beberapa studi untuk mendukung tujuan pembangunan IKN Nusantara seperti pemodelan ekonomi sirkular.

"Kami telah mendukung beberapa studi yang berkontribusi terhadap tujuan Pemerintah Indonesia terkait keberlanjutan, termasuk pemodelan ekonomi sirkular untuk mendukung perencanaan net-zero di berbagai sektor," kata Jenkins dalam wawancara dengan Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Bertemu Pemerintah Finlandia, Menteri PUPR Bahas Peluang Kerja Sama Bangun IKN Nusantara

Jenkins mengatakan, peluang investasi di IKN Nusantara juga dilakukan oleh The Lord Mayor of the City of London atau setara dengan Duta Besar untuk Distrik Finansial London, Vincent Keaveny dengan bertemu Kepala Otorita IKN Bambang Susantono pada Juni lalu.

Ia mengatakan, keduanya membahas pengembangan infrastruktur di IKN Nusantara seperti transportasi, transisi energi hijau dan pendidikan.

"Kami terus menindaklanjuti untuk mengeksplorasi kemungkinan area kolaborasi ini," ujarnya.

Baca juga: Daftar Rombongan Pertama yang Bakal Pindah ke IKN Nusantara pada 2024

 


Selain itu, Jenkins mengatakan, Perusahaan asal Inggris, Arup, juga mengerjakan rencana induk untuk IKN Nusantara tersebut visi kota hijau dan berkelanjutan dengan mobilitas cerdas.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dalam agenda Indonesia Infrastructure Week 2022, pihaknya akan menggelar sesi panel bertema "Membangun Nusantara sebagai Kota Cerdas Masa Depan di Asia Tenggara" untuk mengidentifikasi peluang investasi dalam proyek IKN.

"Ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang perdagangan dan investasi untuk proyek ini dan membuka diskusi untuk kolaborasi di masa mendatang," ucap dia.

Baca juga: Otorita IKN Akan Berkantor di Balikpapan pada Akhir November 2022

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.