Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Jajaki Kerja Sama Peluang Investasi Bangun Infrastruktur di IKN Nusantara

Kompas.com - 25/11/2022, 13:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan, Inggris siap mendukung Indonesia dalam proyek Ibu Kota Negara (IKN Nusantara), terutama pembangunan berkelanjutan yang ramah terhadap iklim.

Jenkins mengatakan, Inggris telah memberikan beberapa studi untuk mendukung tujuan pembangunan IKN Nusantara seperti pemodelan ekonomi sirkular.

"Kami telah mendukung beberapa studi yang berkontribusi terhadap tujuan Pemerintah Indonesia terkait keberlanjutan, termasuk pemodelan ekonomi sirkular untuk mendukung perencanaan net-zero di berbagai sektor," kata Jenkins dalam wawancara dengan Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Bertemu Pemerintah Finlandia, Menteri PUPR Bahas Peluang Kerja Sama Bangun IKN Nusantara

Jenkins mengatakan, peluang investasi di IKN Nusantara juga dilakukan oleh The Lord Mayor of the City of London atau setara dengan Duta Besar untuk Distrik Finansial London, Vincent Keaveny dengan bertemu Kepala Otorita IKN Bambang Susantono pada Juni lalu.

Ia mengatakan, keduanya membahas pengembangan infrastruktur di IKN Nusantara seperti transportasi, transisi energi hijau dan pendidikan.

"Kami terus menindaklanjuti untuk mengeksplorasi kemungkinan area kolaborasi ini," ujarnya.

Baca juga: Daftar Rombongan Pertama yang Bakal Pindah ke IKN Nusantara pada 2024

 


Selain itu, Jenkins mengatakan, Perusahaan asal Inggris, Arup, juga mengerjakan rencana induk untuk IKN Nusantara tersebut visi kota hijau dan berkelanjutan dengan mobilitas cerdas.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dalam agenda Indonesia Infrastructure Week 2022, pihaknya akan menggelar sesi panel bertema "Membangun Nusantara sebagai Kota Cerdas Masa Depan di Asia Tenggara" untuk mengidentifikasi peluang investasi dalam proyek IKN.

"Ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang perdagangan dan investasi untuk proyek ini dan membuka diskusi untuk kolaborasi di masa mendatang," ucap dia.

Baca juga: Otorita IKN Akan Berkantor di Balikpapan pada Akhir November 2022

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com