Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Erick Thohir Bakal Bangun Puskesmas Tahan Gempa

Kompas.com - 25/11/2022, 14:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

CIANJUR, KOMPAS.com – Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi korban gempa di Kampung Berenuk, Limabangansari, Cianjur, pada Jumat (25/11/2022). Erick mengatakan, pihaknya akan memfokuskan bantuan yang dilakukan oleh 58 BUMN ke 40 desa dari 137 desa yang terdampak bencana gempa Cianjur.

Mantan presiden Inter Mulan itu menyampaikan, dalam situasi bencana, ada kebutuhan yang dibutuhkan saat itu juga, tetapi juga ada bantuan pasca-bencana sehingga penyaluran bantuan dapat didistribusikan secara optimal ke masyarakat yang terdampak.

“Untuk bantuan pasca-gempa, kami akan membangun puskesmas tahan gempa yang dapat dimaksimalkan sebagai posko kesehatan dan penyaluran obat-obatan ke depannya,” jelas Erick dalam siaran pers.

Baca juga: Covid-19 Masih Ada, Erick Thohir Ingatkan Masyarakat untuk Vaksin Booster

Perwakilan warga RT 01 RW 02 Kampung Berenuk menyatakan, sebanyak 700 warganya terdampak. Ia pun mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian BUMN.

Hingga saat ini, Satgas BUMN terus mengirimkan bantuan untuk membantu korban gempa melalui 3 posko Utama Satgas BUMN, 9 posko bantuan, 4 posko kesehatan, dan 4 dapur umum yang tersebar di berbagai titik wilayah yang terdampak bencana.

Selain itu, sebagai bentuk kolaborasi 58 BUMN, sampai saat ini Kementerian BUMN telah menurunkan 349 relawan dan 61 tenaga kesehatan untuk membantu lebih dari 60.000 pengungsi mendapatkan bantuan dan tempat tinggal sementara.

Baca juga: KKP Beri Bantuan Ikan Beku, Obat, dan Beras Senilai Rp 734,6 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

 


Dalam hal infrastruktur, Satgas BUMN telah mengirimkan 23 unit bantuan genset dan sanitasi, 33 bantuan alat berat, 17 unit ambulans, 2 unit rescue, dan 168 unit tenda.

“Selain kolaborasi 58 BUMN, kita juga mendorong sinergitas dengan kementerian dan lembaga lain, semoga bantuan dapat kami maksimalkan dan meringankan masyarakat yang terdampak,” tegas Erick.

Untuk pelayanan bantuan, masyarakat bisa langsung mendatangi melalui Posko Utama Satgas BUMN berlokasi di Gedung Perhutani Jl Dr. Muwardi No 120 B Cianjur atau menghubungi narahubung Satgas BUMN melalui nomor: 0856-1800-290.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.