Digelar di Sleman, Jambore Kewirausahaan 2022 Jalin Pemasaran dan Kemitraan UMKM

Kompas.com - 25/11/2022, 14:50 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar Jambore Kewirausahaan Sosial 2022.

Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 merupakan bagian dari pembinaan terhadap para pelaku usaha mikro yang dirintis melalui program usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS).

Program ini telah lama dirintis dan dikembangkan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), didukung oleh dinas dan badan terkait di level provinsi dan kabupaten/kota. Dalam jambore nantinya digelar talk show dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten.

Hadir secara daring Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Hadir pula Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Ketua DPRD DIY, Nuryadi, S.Pd, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., Kapolda DIY, Irjen Suwando Nainggolan, Ketua Umum Kadin DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas 072 diwakili Pasrem, Ketua TP-PKK Kabupaten Sleman, R.Ay Sri Hapsari Suprobo Dewi, SE dan Ketua Harian KADIN DIY Robby Kusumaharta.

Baca juga: Hadapi Tantangan Kewirausahaan, Menaker Tawarkan Tiga Alternatif Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengajak semua aspek untuk peka terhadap kondisi sekitar sehingga bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman.

"Social Preneur kini menjadi upaya untuk mengkonversi permasalahan sosial menjadi peluang usaha yang dalam prakteknya membutuhkan kepekaan tinggi dalam permasalahan sosial serta terampil dalam mengatasi persoalan tersebut menggunakan kedekatan ekonomi," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Yogyakarta Tuan Rumah Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022, Temukan UMKM dengan Pengusaha Besar

Generasi muda juga diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman saat ini. Terutama mengikuti perkembangan teknologi.

"Generasi muda dihadarapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mempercepat literasi digital, semoga acara ini dapat berjalan lancar," umbuh Sandiaga Uno.

Tahun 2022 ini, Kabupaten Sleman dipilih menjadi lokasi kegiatan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial. Pameran dan gelar dagang produk unggulan ini digelar di lapangan Denggung, Kabupaten Sleman 24-26 November 2022.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.