Kemenkop-UKM Pertemukan Startup dengan Venture Capital Partners lewat EFF 2022

Kompas.com - 25/11/2022, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) menginisiasi program Entrepreneur Financial Fiesta (EFF) 2022.

Deputi Bidang Kewirausahaan, KemenKopUKM, Siti Azizah mengatakan, program ini telah mempertemukan 12 founder startup dengan 42 venture capital partners dalam 115 matchmaking.

Matchmaking yang telah dilaksanakan diharapkan dapat membantu startup untuk membuka akses pendanaan yang dibutuhkan serta relasi bagi para founder untuk berbagi pengalaman berbisnis,” kata dia dalam siaran pers, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Akhiri Pekan, IHSG Ditutup Melemah

Ia mengatakan, EFF 2022 menjadi jembatan bagi startup inovasi teknologi untuk mendapatkan akses pendanaan dan pengembangan bisnis yang terbagi pada sesi matchmaking bersama venture capital partners dan coaching dengan para ahli.

Sepanjang pelaksanaannya, EFF 2022 mampu menjaring 1.026 wirausaha. Dari jumlah itu didapatkan 10 startup inovasi teknologi terpilih berdasarkan hasil kurasi oleh para narasumber ahli.

Mereka berkesempatan memaparkan produk pitchnya kepada venture capital partners dalam rangkaian kegiatan startup showcase yang dilaksanakan.

Lebih lanjut, EFF 2022 memberikan peluang besar bagi para startup di tahap validated business model dengan daya tarik yang baik pada tahap awal untuk mendapatkan jejaring venture capital.

Baca juga: Siapkan Minyak Makan Merah, KemenkopUKM Tingkatkan Tata Kelola Koperasi


Selain itu, para founder startup juga mendapatkan pelatihan intensif untuk memperbaiki proposal bisnisnya sebagai upaya dalam menarik investor agar mau memberikan pendanaan.

Pada kesempatan yang sama Founder Inspigo Tyo Guritno mengatakan, program EFF 2022 memberikan banyak masukan dan hasil pelatihan yang diberikan dapat membantu saat proses pitching.

"Materi diberikan oleh para ahli dan business analyst yang disesuaikan dengan bagaimana cara venture capital melihat bisnis startup," ucap Tyo.

Sementara, Natasha Gunawan dari Monk’s Hill Ventures turut mengatakan, kurasi yang dilakukan terhadap venture capital partners dilakukan secara masif dan terbuka.

"Terlebih lagi para ahli juga menghubungkan venture capital dengan startup berdasarkan venture capital (VC) thesis, sehingga matchmaking yang dilaksanakan sesuai dengan keinginan," tutur dia.

Baca juga: Kemenkop-UKM Bidik 5,8 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital pada 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.