Bos BEI: Papan Perdagangan Ekonomi Baru Meluncur 5 Desember 2022

Kompas.com - 25/11/2022, 17:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Papan perdagangan Ekonomi Baru atau New Economy di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera meluncur. Ini menyusul telah diterimanya surat persetujuan terkait papan perdagangan baru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengungkapkan, Papan New Economy akan meluncur pada 5 Desember 2022. Dengan demikian, nantinya akan terdapat 4 jenis papan perdagangan di bursa saham nasional.

"Papan New Economy kami baru saja menerima surat dari OJK terkait dengan persetujuan terkait dengan New Economy baru saja kita terima. Kita akan live New Economy 5 Desember," kata dia dalam Workshop Media Gathering Pasar Modal 2022, di Bandung, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Tambahan PMN Disetujui DPR, Kereta Cepat Juga Incar Pinjaman Rp 16 Triliun dari China

Asal tahu saja, papan perdagangan saham berfungsi untuk mengklasifikasikan kondisi suatu perusahaan tercatat. Adapun saat ini terdapat tiga jenis papan perdagangan di bursa, yakni Papan Utama, Papan Pengembangan, dan Papan Akselerasi.

Papan New Economy sendiri diluncurkan oleh BEI untuk memfasilitasi perusahaan yang dinilai inovatif dan memiliki manfaat sosial yang luas. Salah satu sektor usaha yang dinilai cocok dengan kriteria ini ialah sektor teknologi.

"Papan New Economy ini diciptakan untuk perusahaaan yang menggunakan teknologi yang menceritakan inovasi produk dan kemanfaatan sosial yang luas," ujar Iman.

Baca juga: Akhiri Pekan, IHSG Ditutup Melemah


Selain itu, papan perdagagan teranyar itu juga disiapkan untuk memfasilitasi perusahaan dengan potensi kapitalisasi pasar besar, namun kinerja keuangan belum positif. Oleh karenanya, Iman bilang, Papan New Economy nantinya akan setara dengan Papan Utama, yakni papan perdagangan untuk emiten berukuran besar dan memiliki rekam jejak yang positif.

Iman belum bisa mengungkapkan emiten mana saja yang akan masuk ke dalam Papan New Economy. Akan tetapi, perusahaan-perusahaan teknologi kapitalisasi pasar besar dengan kinerja keuangan yang belum positif diindikasikan masuk ke papan perdagangan itu.

"Yang paling penting perusahaan (Papan New Economy) setara dengan Papan Utama," ucapnya.

Baca juga: Jumlah Investor BEI Lebih Banyak tetapi Nilai Transaksi Hariannya Kalah dari Thailand, Kok Bisa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.