Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, KAI Luncurkan KA Blambangan Ekspres

Kompas.com - 25/11/2022, 19:50 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan KA baru menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023. Kererta baru bernama KA Blambangan Ekspres itu melayani rute Banyuwangi - Semarang pulang pergi (PP).  

Sebagai bentuk perkenalan, KAI memberikan tarif promo mulai dari Rp 150.000 untuk perjalanan KA Blambangan Ekspres. Tiket sudah dapat dipesan sejak 22 November 2022 di seluruh channel resmi penjualan tiket KAI.

Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari mengatakan, KA Blambangan Ekspres merupakan kereta pertama yang KAI operasikan dari wilayah Banyuwangi, Jember menuju Surabaya, Cepu, hingga Semarang. 

Baca juga: AP II Yakin Jumlah Penumpang Pesawat Capai 72 Juta Tahun Depan

Dia menyebut KA Blambangan Ekspres hadir untuk mempermudah masyarakat dari arah Banyuwangi, Jember, Probolinggo di wilayah Daop 9 menuju Surabaya hingga Semarang. Sebab, sebelumnya tidak ada perjalanan KA untuk rute tersebut.

"Hadirnya KA itu akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Ia menjelaskan nama KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan yang merupakan kerajaan Hindu yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa dan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi.

Baca juga: Lewat Industrial Vocational 2022, Kemenperin Targetkan Penuhi Kebutuhan SDM Vokasi Industri

KA Blambangan Ekspres, lanjut dia, terdiri dari empat gerbong eksekutif dan tiga gerbong ekonomi dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan.

"Hadirnya KA Blambangan Ekspres tidak hanya untuk memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat, tapi juga untuk membantu meningkatkan pariwisata yang ada di beberapa daerah yang dilalui nya," katanya.

Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 hingga 31 Desember 2022," ujarnya.

Baca juga: Adaro Energy Buka Banyak Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

KAI memberikan diskon khusus kepada masyarakat untuk KA Blambangan Ekspres periode keberangkatan 2 hingga 18 Desember 2022 yakni tiket kelas eksekutif sebesar Rp 250.000 dan kelas ekonomi Rp 150.000.

Sementara itu, harga normal tiket KA Blambangan Ekspres dibanderol mulai Rp 380.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 480.000 untuk kelas eksekutif.

Cara pesan tiket kereta api secara online

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dipesan secara online melalui situs web resmi KAI atau aplikasi KAI Access. Berikut caranya:

1. Pesan tiket kereta api online via website KAI

  • Buka browser di HP atau PC dan masuk ke laman booking.kai.id
  • Ketik nama stasiun asal dan stasiun tujuan
  • Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang
  • Klik “Cari & Pesan Tiket”
  • Pilih kereta lalu klik “Pesan”
  • Pilih kursi, lalu tentukan metode pembayaran
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.

Baca juga: Bos BEI: Papan Perdagangan Ekonomi Baru Meluncur 5 Desember 2022

2. Pesan tiket kereta api online via aplikasi KAI Access

  • Unduh aplikasi KAI Access di Playstore atau Appstore
  • Buat akun
  • Login menggunakan akun yang dibuat
  • Setelah memiliki akun, buka aplikasi KAI Access
  • Pilih stasiun asal dan stasiun tujuan
  • Tentukan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang
  • Klik “Cari”
  • Pilih kereta, lalu isi data pemesan dan data penumpang
  • Klik “Pilih Kursi”
  • Klik “Bayar Sekarang”
  • Tentukan metode pembayaran
  • Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih

Selain pemesanan tiket, aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pembatalan tiket kereta api atau mengubah jadwal tiket kereta api. KAI Access juga dilengkapi dengan e-Boarding Pass, sehingga pelanggan tidak perlu antre untuk mencetak tiket sebelum keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com