Genjot Ekspor, 10 Kecamatan di Lampung Dapat Bantuan Bibit Kakao

Kompas.com - 25/11/2022, 21:01 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.com - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin memberikan bantuan bibit kakao ke 10 kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Bantuan bibit ini untuk membantu ekspor kakao yang menurun pada tahun 2022.

Sudin mengungkapkan penurunan nilai ekspor salah satu komoditas unggulan di Lampung pada tahun 2022 ini mencapai 10 persen dibanding tahun 2021.

"Nilai ekspor coklat daerah Lampung tahun 2022 ini hanya mencapai 90 persen dibandingkan dengan nilai ekspor coklat Provinsi Lampung tahun 2021," kata Sudin dalam Bimtek Badan Karantina Pertanian Lampung di Kabupaten Pesawaran, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Dominan Ekspor, Industri Perlu Dorong Hilirisasi Produk Kakao

Menurutnya, kakao adalah komoditas perkebunan Indonesia yang memiliki peluang ekspor tertinggi bersama kopi.

"Untuk kopi, Indonesia adalah negara urutan keempat terbanyak penghasil kopi. Sedangkan untuk kakao, Indonesia adalah urutan ketiga terbesar di dunia," kata Sudin.

Dan berdasarkan data BPS tahun 2021 serta data Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian tahun 2021, salah satu daerah penghasilnya adalah Provinsi Lampung.

Sudin berharap petani bisa menumbuhkan semangat lagi agar ekspor kakao ini meningkat di tahun 2023 mendatang.

Baca juga: Harga Bahan Pangan Naik, BI Perkirakan Inflasi November 2022 Capai 0,18 Persen

Sebagai stimulasi peningkatan ekspor kakao, Sudin memberikan bantuan ribuan bibit tanaman cokelat itu ke 10 kecamatan di Kabupaten Pesawaran.

Sementara itu, Sekretaris Badan Karantina Pertanian (Barantan) Lampung Wisnu Haryana mengungkapkan pada data Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) memang tercatat adanya penurunan ekspor.

"Ada penurunan ekspor kopi dan kakao dari Provinsi Lampung pada tahun 2022 ini," kata Wisnu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.