Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harita Group Salurkan 2 Tahap Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 26/11/2022, 20:00 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com – Harita Group melalui program Harita Group Peduli ikut membantu para korban bencana gempa bumi M 5,6 di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bantuan disalurkan sebanyak dua tahap.

Melalui unit bisnis nikel dan bauksit yaitu PT Trimegah Bangun Persada (TBP) dan afiliasinya (Harita Nickel) serta PT Cita Mineral Investindo Tbk (Harita Bauxite), Harita Group menyampaikan bantuan melalui Posko Tim Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Siaga Bencana di Desa Mekarsari, Kabupaten Cianjur, Sabtu (26/11/2022)

Tahap pertama bantuan yang disampaikan berupa kebutuhan para pengungsi dalam masa tanggap darurat. Baik berupa makanan yaitu 10 ribu bungkus makanan instan, 480 kotak susu dan bubur bayi, obat-obatan dan vitamin; kebutuhan sanitasi; hingga kebutuhan lainnya berupa tenda pleton 3 unit, 250 buah selimut, 400 buah sarung, 1.050 kotak masker, hand sanitizer hingga pembalut.

“Mewakili Harita Group, kami menyampaikan rasa empati dan duka mendalam bagi para korban terdampak,” ujar Head of HSE & Sustainability Harita Nickel Tonny Gultom melalui keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Erick Thohir Bakal Bangun Puskesmas Tahan Gempa

 

Bantuan tahap kedua akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan untuk membantu pemenuhan kebutuhan dan menjaga kesehatan warga terdampak, khususnya dalam masa tanggap darurat ini.

Koordinator Posko Tim ESDM Siaga Bencana Muhammad Saptajie yang menerima bantuan mengatakan, bantuan Harita Group akan langsung kami distribusikan ke rekan-rekan di Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Untuk seterusnya segera di berikan langsung kepada para korban yang membutuhkan,” tegas Saptajie yang juga sekaligus menjabat Koordinator Inspektur Tambang Wilayah Provinsi Jawa Barat.

Sebagai informasi, Harita Nickel merupakan bagian dari Harita Group yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Selain memiliki IUP Pertambangan, perusahaan sejak 2016 telah memiliki pabrik peleburan (smelter) nikel saprolit dan sejak 2021 juga memiliki fasilitas pengolahan dan pemurnian (refinery) nikel limonit di wilayah operasional yang sama.

Baca juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, SIG Kirim Bantuan Sembako hingga Tim Reaksi Cepat

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+